News
Sabtu, 30 Agustus 2014 - 08:20 WIB

Malam Ini, Anugrah Film Cagar Budaya di Candi Sewu

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA – Lomba pembuatan film dokumenter antarpelajar SMA/SMK mengenai pelesatarian cagar budaya akhirnya sampai pada momen penentuan juara. Balai Pelesatarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah rencananya akan mengumumkan pemenang sekaligus malam puncak anugrah film dokumenter di komplek pelataran Candi Sewu, Sabtu (30/8/2014) malam.

Pada puncak malam penganugrahan, pengumuman pemenang festival film dokumenter dalam berbagai kategori akan diumumkan. Termasuk mengenai film favorit pilihan Kepala UPT Lingkungan Dirjen Kebudayaan. Sehari sebelum pengumuman, BPCB terlebih dahulu melaksanakan seminar mengenai pelestarian cagar budaya, perfilman dan pembentukan karakter bangsa.

Advertisement

Kepala BPCB Jawa Tengah, Sri Ediningsih mengungkapkan, festival film dokumenter tersebut merupakan upaya menyediakan suatu wadah bagi masyarakat terutama siswa SMA/SMK terhadap nilai-nilai budaya yang ada di Jateng – DIY.

“Peserta kami harapkan dapat mengaktualisasikan nilai-nilai cagar budaya. Nantinya film yang menjadi pemenang akan diputar di mobil cinema Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta kegiatan lain yang diadakan oleh BPCB,” ujarnya, Jumat (29/8/2014).Film dokumenter itu nantinya juga berfungsi sebagai promosi cagar budaya di Jateng-DIY.

Sri menjabarkan, kapasistas media film tidak bisa dipungkiri menjadi jembatan efektif dalam rangka mewujudkan potensi nilai, informasi dan promosi cagar budaya.

Advertisement

“Karena media dalam bentuk film ini cepat sekali menyebar di kalangan masyarakat luas, misalnya dishare lewat youtube dan media sosial yang sedang jadi trend anak muda sekarang. BPCB mengkap potensinya seperti itu,” tandasnya.

Adapun penjaringan peserta sudah dilakukan sejak Mei lalu. Setelah kuota peserta terpenuhi, mereka mendapatkan pelatihan-pelatihan berkaitan dengan tema film dokumenter.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif