Sport
Sabtu, 30 Agustus 2014 - 07:10 WIB

LIGA PRANCIS : Paris Saint Germain Khawatirkan Kekuatan St Etienne

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, PARIS — Paris Saint Germain yang akan menjalani Liga Champions yang berat, mengalihkan fokus mereka ke Liga Prancis ketika mereka akan menghadapi St Etienne pada akhir pekan.

Hasil undian Liga Champions pada Kamis menempatkan PSG pada posisi yang berat, di mana mereka berada satu grup dengan juara empat kali Barcelona dan Ajax, namun jauh dari ingar bingar mata Eropa mereka akan menghadapi ujian berat di fase domestik pada Minggu.

Advertisement

PSG menjamu Saint Etienne setelah tim Paris itu bermain imbang tanpa gol di kandang Evian, menyusul kemenangan kandang 2-0 atas Bastia, dan hasil imbang 2-2 pada pertandingan pembukaan di markas Reims.

St Etienne, yang menghuni peringkat kedua, sejauh ini telah meraup dua kemenangan dan sekali imbang.

Mereka juga sedang bersemangat setelah melaju ke fase grup Liga Europa, menyusul kemenangan adu penalti atas tim Turki Karabukspor pada Kamis.

Advertisement

Pasukan Paris pimpinan Laurent Blanc berada di peringkat kelima, tertinggal empat angka dari pemuncak klasemen Bordeaux, yang mengumpulkan maksimal sembilan angka setelah tiga pertandingan.

Namun juara bertahan dua kali ini dapat membangkitkan semangat mereka dengan adanya fakta bahwa lima angka dari tiga pertandingan, merupakan posisi yang sama seperti pada musim lalu, dan bahkan lebih banyak dua pertandingan lagi pada musim 2012/2013, ketika mereka mengawali musim dengan tiga kali hasil imbang.

PSG dihantam sejumlah masalah cedera, seperti yang terjadi terhadap kapten Thiago Silva yang mengalami cedera otot paha belakang, Zlatan Ibrahimovic menderita robek otot, Gregory van der Wiel mengalami retak tulang belakang, dan gelandang Thiago Motta patah tulang hidung.

Bagaimanapun, pemain internasional Swedia Ibrahimovic telah kembali berlatih dan diyakini ia akan siap untuk pertandingan Minggu di Parc des Princes.

Advertisement

Sementara itu, runner up musim lalu AS Monaco, juga memerlukan suntikan moral meski di kancah kompetisi elit Eropa mereka mendapat grup yang relatif lebih ringan, yang dihuni oleh Benfica, Zenit St Petersburg, dan Bayer Leverkusen.

Klub kerajaan itu saat ini menghuni peringkat ke-17 dengan hanya koleksi tiga angka, dan akan menghadapi ujian berat di markas tim peringkat ketiga Lille.

Bagaimanapun, pelatih baru Monaco Leonardo Jardim meyakini bahwa tim “hampir berada di level teratas” setelah kemenangan perdana mereka atas Nantes pada Minggu.

Lille, dengan kondisi masa depan Salomon Kalou yang masih diragukan, disingkirkan FC Porto pada pekan ini, di mana mereka bermain tanpa penyerang Pantai Gading itu yang juga belum tentu dapat bermain saat melawan Monaco.

Advertisement

Bordeaux akan berupaya mempertahankan momentum kemenangan mereka ketika sang pemuncak klasemen menjamu Bastia.

Pasukan Willy Sagnol telah meraih tiga kemenangan dari jumlah pertandingan yang sama pada musim pertamanya di Bordeaux, untuk unggul dua angka atas Saint Etienne dan Lille.

Pelatih Marseille Marcelo Bielsa akan berupaya untuk memikul momentum kemenangan dari lawatan ke Brittany pada pekan lalu, untuk pertandingan melawan rival Riviera, Nice, di Stadion Velodrome mereka.

Marseille mencapai kemenangan pertama mereka musim ini dengan mengalahkan Guingamp pada Sabtu silam, berkat gol Andre-Pierre Gignac, sebelum ia ditandu keluar lapangan karena cedera pergelangan kaki.

Advertisement

Namun Bielsa menegaskan dirinya masih berharap dapat memainkan Gignac saat melawan Nice, bersama dengan gelandang Mario Lemina, yang juga sedang memulihkan diri dari cedera pergelangan kaki.

Mereka menghadapi ujian berat melawan Nice, yang mengalahkan mereka tiga kali pada musim lalu termasuk dua kali di Velodrome, termasuk kemenangan 5-4 di putaran 16 besar Piala Prancis.

“Faktanya adalah derby menambahi bumbu dalam pertandingan,” kata Bielsa.

Nice, yang sama dengan Marseille telah mengumpulkan empat angka, menelan kekalahan 1-3 saat menjamu Bordeaux, namun kemenangan 3-2 mereka atas Toulouse di pertandingan pembuka dan hasil imbang tanpa gol saat melawan Lorient memberi alasan untuk optimistis.

Tim peringkat kelima Montepellier melawat ke Nantes yang berada tiga posisi di bawah mereka, di mana gelandang internasional Tunisia Jamel Saihi, yang gagal tampil sejak mengalami cedera lutut dua tahun silam, siap bermain untuk pertama kalinya musim ini.

Di tempat lain, tim promosi Caen, yang berada di peringkat keempat, menjamu Rennes, yang berada di peringkat ketujuh, serta Nantes pergi ke selatan untuk melawan Montpellier, dan Lorient menjamu Guingamp pada derby Brittany.

Advertisement

Tim juru kunci Evian melawat ke Toulouse, Lens menjamu Reims, dan Lyon, yang baru saja tersingkir dari Liga Europa, pergi ke utara untuk menghadapi Metz.

Inilah Jadwal pertandingan Liga Prancis

Jumat (18.30)
Marseille vs Nice
Sabtu (15.00)
Monaco vs Lille
Caen vs Rennes
Lens vs Reims
Lorient vs Guingamp
Nantes vs Montpellier
Toulouse vs Evian
Bordeaux vs Bastia (12.00)
Metz vs Lyon (15.00)
Minggu (19.00)
Paris Saint Germain vs St Etienne

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif