Sport
Jumat, 29 Agustus 2014 - 08:35 WIB

PLAYOFF LIGA EUROPA : Feyenoord dan PSV Lolos, Sociedad Tersingkir dari Fase Grup

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Feyenord Mitchell Te Vrede menciptakan gol ke gawang Zorya Luhansk. Ist/fr12.nl

Solopos.com, ROTTERDAM — Feyenoord harus bekerja ekstra keras untuk bisa mengalahkan Zorya Luhansk 4-3 dan memastikan lolos ke fase grup Liga Europa. Tiket lolos juga diraih klub Belanda lainnya, PSV Eindhoven, usai menang 2-0 atas Shakhtyor Soligorsk.

Bermain di De Kuip, Jumat (29/8/2014) dinihari WIB, Feyenoord unggul lebih dulu atas tamunya lewat gol dari Mitchell Te Vrede ketika laga memasuki menit ke-18. Sembilan menit berselang operan dari Terence Kongolo mampu dituntaskan oleh Ruben Schaken untuk membuat tuan rumah memperbesar keunggulan.

Advertisement

Tiga menit memasuki babak kedua, gol bunuh diri dari Maksim Bilyi bukan cuma membuat tuan rumah menambah keunggulan tapi juga membuat Feyenoord tampak tinggal tunggu waktu untuk melaju.

Namun gol dari Ruslan Malinovsky di menit ke-61 menguak asa untuk tim tamu. Momentum tampaknya berada di kubu klub Ukraina yang kemudian membuat gol lagi melalui Bilyi di menit ke-71.

Advertisement

Namun gol dari Ruslan Malinovsky di menit ke-61 menguak asa untuk tim tamu. Momentum tampaknya berada di kubu klub Ukraina yang kemudian membuat gol lagi melalui Bilyi di menit ke-71.

Laga pun kian seru karena gol dari Ruslan Malinovsky sepuluh menit jelang bubaran membuat kedudukan jadi sama kuat, 3-3. Ini tak menguntungkan buat Feyenoord mengingat dalam laga leg pertama lalu mereka cuma berimbang 1-1 di markas Zorya.

Di saat-saat genting untuk tuan rumah, Elvis Manu yang baru masuk di menit ke-84 tampil sebagai penyelamat dengan golnya di menit injury time. Feyenoord, yang ada di fase ini setelah sebelumnya tersingkir dari kualifikasi Liga Champions, pun menang 4-3 dan maju ke fase grup dengan agregat 5-4 atas Zorya.

Advertisement

Pertandingan pada awalnya tampak akan berakhir dengan skor kacamata alias 0-0 karena gol tak juga lahir sampai dengan menjelang dibunyikannya peluit akhir.

Akan tetapi, dua gol dari Memphis Depay di menit ke-89 dan ke-90 lantas membuat tim tamu pulang dengan kemenangan dua gol tanpa balas.

Hasil itu membuat PSV lolos ke fase grup dengan kemenangan agregat 3-0 setelah pada leg pertama lalu menang 1-0 berkat gol tunggal dari Adam Maher.

Advertisement

Sedangkan di Kuban Stadium, Real Sociedad yang datang sebagai tamu harus mengakui kekalahan 0-3 dari tuan rumah FC Krasnodar.

Krasnodar membuka kemenangan melalui gol Joazinho dari titik 12 pas di menit ke-71. Mauricio Pereira lantas menambah keunggulan tuan rumah lewat golnya di menit ke-88, sebelum Ari memantapkan kemenangan dua menit berselang.

Memanasnya tensi pertandingan di menit-menit akhir kemudian membuat wasit Szymon Marciniak dari Polandia menghadiahi kartu kuning kedua untuk Markel Bergara dari Sociedad dan kemudian kartu merah langsung untuk Joaozinho dari Krasnodar.

Advertisement

Apapun, hasil tersebut membuat Krasnodar berhak lolos dari fase kualifikasi ini dengan kemenangan agregat 3-1 atas Sociedad. (JIBI/SOLOPOS)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif