News
Jumat, 29 Agustus 2014 - 18:15 WIB

LOWONGAN CPNS 2014 : KPU Rekrut 250 CPNS, Anggota Parpol Dilarang Ikut

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka lowongan CPNS 2014. Dibandingkan beberapa instansi lain, KPU lebih rinci menerapkan peraturan. Ada 5 syarat umum, 6 syarat khusus, 6 ketentuan pendaftaran, 7 ketentuan seleksi administrasi dan 14 ketentuan tambahan.

Dikutip dari laman panselnas.menpan.go.id, Jumat (29/8/2014), KPU memerinci persyaratan peserta CPNS 2014. Tak ada yang istimewa di syarat umum dan syarat khusus.

Advertisement

Bahkan persyaratan cenderung longgar untuk ketentuan usia, yakni antara 18 hingga 35 tahun. Lulusan S1/D3 hanya disyaratkan dengan IPK minimal 2,9 untuk negeri dan 3,0 untuk swasta. KPU juga tidak mensyaratkan adanya sertifikat TOEFL bagi peserta.

Namun, syarat umum bagi pengurus atau anggota partai tetap berlaku, sebagaimana pendaftaran CPNS di instansi lain.

Bedanya, ada di seleksi administrasi dan ketentuan lain. KPU memberikan ketentuan tes diskusi kelompok dan wawancara, selain lima tes dari tes kemampuan dasar hingga tes kompetensi bidang.

Advertisement

Di ketentuan lain bahkan lebih rumit. Di KPU, pelamar hanya diperkenankan melamar satu jabatan. “Apabila terdapat pelamar yang mengirim dua lamaran dengan jabatan yang berbeda, maka Tim Pengadaan CPNS 2014 akan menggugurkan kedua lamaran tersebut,” demikian ketentuan KPU.

KPU juga memberlakukan denda sebesar Rp25 juta bagi peserta CPNS yang dinyatakan lulus namun mengundurkan diri. KPU juga menuntut pelamar untuk jujur dalam mengisi data dan informasi.

“Setiap pelamar yang memberikan data dan informasi tidak benar dan bersifat merugikan, dibatalkan kelulusannya dan dapat dituntut sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegas KPU.

Advertisement

Penerimaan CPNS kali ini, KPU akan membuka 250 lowongan. Berikut kelengkapan syarat CPNS KPU 2014;

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif