News
Jumat, 29 Agustus 2014 - 17:55 WIB

GUNUNG SLAMET SIAGA : Magma Diperkirakan Makin Dekat dengan Kawah

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Begini Penampakan Pijar Api Gunung Slamet, Rabu (13/8/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Oky Lukmansyah)

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memperkirakan magma Gunung Slamet yang meliputi Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, dan Brebes, Jawa Tengah, sudah mendekati permukaan kawah.

“Dapur magma Gunung Slamet cukup dangkal atau kurang dari dua kilometer. Karena adanya peningkatan aktivitas vulkanik, magmanya terangkat dan kini diperkirakan berada pada kisaran satu kilometer dari bibir kawah,” kata Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Slamet PVMBG Imam Santosa seperti dikutip Antara, Jumat (29/8/2014).

Advertisement

Menurut dia, tremor menerus yang terjadi selama tiga hari terakhir di Gunung Slamet merupakan pelepasan gas-gas dari magma yang sudah berada di permukaan.

Secara visual, kata dia, indikator pelepasan gas tersebut dapat terlihat dari munculnya sinar api. Bahkan, lanjut dia, berdasarkan pengamatan pada hari

Jumat (29/8/2014), pukul 00.00-06.00 WIB, teramati 104 kali sinar api yang muncul dari kawah Gunung Slamet. “Sinar api juga indikator adanya letusan magmatik  yang memang telah berada di permukaan,” jelasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif