News
Jumat, 29 Agustus 2014 - 20:00 WIB

FOTO BANJIR JAKARTA : Akhirnya, Pintu Air Manggarai Dilebarkan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelebaran Pintu Air Manggarai, Jakarta, Jumat (29/8/2014). (Alby Albahi/JIBI/Bisnis)

Pelebaran Pintu Air Manggarai, Jakarta, Jumat (29/8/2014). (Alby Albahi/JIBI/Bisnis)

Pekerja melakukan pengerjaan proyek pelebaran Pintu Air Manggarai, Jakarta, Jumat (29/8/2014). Pelebaran dengan penambahan satu daun pintu tambahan tersebut untuk meningkatkan daya tampung air menjadi sekitar 507 meter kubik per detik dengan anggaran mencapai Rp160,04 miliar. Langkah itu diharapkan mampu mengurangi beban banjir Kota Jakarta.

Advertisement

Pintu Air Manggarai dibangun sebagai bagian pembangunan Kanal Banjir Barat Batavia, pada era penjajahan Belanda. Pintu air ini merupakan bagian dari pengendalian banjir di Ciliwung dengan mengalihkan air ke bagian luar Jakarta, melewati kanal dari Manggarai, di kawasan selatan Jakarta sampai ke Muara Angke di pantai utara Jakarta.

Berdasarkan rancangan Prof. Herman van Breen, ide Kanal Banjir Barat itu dilakukan untuk menghubungkan Kali Krukut dengan Kali Ciliwung sehingga beban banjir di pusat Kota Jakarta bisa lebih ringan. Nyatanya, hingga 2003, hanya Kanal Banjir Barat yang berhasil diwujudkan. Barulah setelah Pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri, ide itu kembali dilanjutkan dengan melanjutnya proyek Kanal Banjir Timur.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif