Teknologi
Kamis, 28 Agustus 2014 - 14:00 WIB

SISTEM OPERASI SMARTPHONE : Blackberry 10.2, OS Smartphone Terbaik Dunia Saat Ini

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi smartphone produk Blackberry (news.com.au)

Solopos.com, WATERLOO – Meski mencatatkan penjualan yang tak begitu menyenangkan beberapa bulan terakhir, Blackberry ternyata masih menawarkan kualitas jempolan. Terbukti, sistem operasi Blackberry versi 10.2 menyabet gelar Sistem Operasi Mobile Terbaik di Dunia.

Dilansir GSMArena, Selasa (26/8/2014), Majalah teknologi India, Digit menguji Android 4.4, Blackberry 10.2, Ios 7.1.2 dan Windows 8.1 dalam sepuluh area berbeda. Digit menempatkan operasi BlackBerry 10.2 sebagai “the World Best Mobile OS”  atau “Sistem Operasi Mobile Terbaik di Dunia”.

Advertisement

Dia memaparkan pengujian OS ini termasuk browsing, e-mail, perpesanan, setting, dan kustomisasi, pengaturan kontak dan panggilan telepon, fotografi, notifikasi, kemampuan lock screen, pencarian, dan perekaman video. BlackBerry 10.2.1 memperoleh skor 56,91. Skor ini lebih tinggi dibandingkan sistem operasi yang lain dan Blackberry unggul di lima kategori.

Digit mengaku Tes ini bukanlah tes sederhana. Diperlukan 400 jam untuk menguji semua sistem operasi itu oleh sekelompok pengguna cerdas yang berpengalaman.

Setelah menciptakan sebuah spreadsheet dengan lebih dari seribu data, parameter diuji, diuji ulang dan dicek ulang oleh pihak lain yang tidak familiar dengan Os untuk menverifikasi kemudahan dalam menyelesaikan tugas.

Advertisement

Dan OS itu diuji saat ponsel masih baru. Hal ini berarti tidak ada modifikasi dan tune up pada OS yang ada atau aplikasi pihak ketiga yang terpasang.

Dari hasil tes itu, OS BlackBerry 10.2 dinilai sebagai sistem operasi terbaik untuk surat elektronik (e-mail), pengelolaan kontak (management contact), panggilan keluar (calling), fotografi, pencarian (search), dan video.

“Kami sangat senang dengan hasil pengujian ini, karena merupakan bukti komitmen Blackberry dalam menyajikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, tanpa kompromi,” ungkap Sunil Lalvani, Managing Director, Blackberry India, seperti dikutip N4BB.com, Selasa (26/8/2014).

Advertisement

“Sistem Operasi Blackberry 10.2 dirancang dengan dasar yang kokoh, memberikan pelanggan sejumlah fitur inovatif seperti Blackberry Hub, untuk membantu mereka menjadi lebih produktif dalam pekerjaan dan di mana pun,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif