Teknologi
Kamis, 28 Agustus 2014 - 02:31 WIB

Seagate Produksi Harddisk 8 TB, Penyimpanan Terbesar Dunia Saat Ini!

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBi/Harian Jogja/Dok)

Solopos.com, NEW YORK – Produsen perangkat penyimpanan data, Seagate akan jadi yang pertama memproduksi harddisk berkapasitas 8 terabyte (TB). Inilah harddisk dengan kapasitas penyimpanan terbesar di dunia saat ini.

Laporan ubergizmo, Rabu (27/8/2014), perusahaan asal Amerika Serikat ini baru saja melepas sebuah harddisk dengan kapasitas terbesar di dunia berukuran 8 TB. Seagate sendiri mengklaim bahwa harddisk berkapasitas 8 TB miliknya ini adalah yang harddisk 8 TB pertama di dunia.

Advertisement

Sebelum Seagate meluncurkan harddisk 8 TB ini, kapasitas terbesar yang dikenal di dunia harddisk berukuran 3,5 inch ialah 6 TB milik Seagate sendiri. Seagate menyalip Toshiba yang menawarkan ukuran 5 TB.

Kecepatan yang ditawarkan kemungkinan sama persis dengan yang berkapasitas 6 TB yakni 7200 RPM (Rotation Per Minutes).

“Hardisk 8 TB Seagate terbaru memberikan pilihan baru bagi manajer IT untuk meningkatkan penyimpanan dalam data center, sekaligus membantu mereka untuk mengikuti pertumbuhan data penyimpanan enterprise yang cepat secara ekonomis, ujar VP Marketing Seagate Scott Horn.

Advertisement

Harddisk berkapasitas super ini menggunakan teknologi HAMR (heat-assisted magnetic recording). Teknologi ini menggunakan laser untuk memanaskan material sebelum menyimpan data dengan teknologi magnet yang memungkinkan kestabilan orientasi magnet. Dengan begitu, kapasitas penyimpanan yang lebih besar pun bisa diraih.

Dengan kapasitas sebesar itu dapat dipastikan yang diincarnya adalah kelas data center. Namun tak menutup kemungkinan Seagate juga akan menjualnya ke konsumer umum. Sayangnya, belum dibeberkan mengenai harga yang akan diusungnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif