Jateng
Kamis, 28 Agustus 2014 - 02:50 WIB

PEREKONOMIAN MIKRO : Banyumas Prioritaskan Pengembangan Koperasi dan Usaha Kecil

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO—Pemerintah Kabupaten Banyumas siap menumbuhkembangkan sektor koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah yang merupakan ruh perekonomian masyarakat.

“Itu merupakan komitmen Bupati Banyumas Achmad Husein terhadap sektor kopersi dan UMKM,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Banyumas Joko Wikanto seperti dikutip Antara, Rabu (27/8).

Advertisement

Menurut dia, komitmen tersebut tercermin dalam beberapa program strategis dan arah kebijakan terhadap pemberdayaan koperasi dan UMKM di antaranya strategi pengembangan agribisnis, peningkatan perluasan jaringan pemasaran produk pertanian, serta peningkatan kapasitas koperasi dan UMKM, serta kelembagaan ekonomi pedesaaan.

Ia mengatakan bahwa arah kebijakan Bupati Banyumas dalam sektor koperasi dan UMKM berupa peningkatan diversifikasi produk pertanian, perikanan, serta kehutanan yang diarahkan untuk menghasilkan produk-produk yang bertumpu pada sistem agribisnis dan agroindustri dalam rangka peningkatan daya saing daerah.

Selain itu, kata dia, pengembangan peran UMKM, terutama yang berpotensi ekspor, melalui pengembangan infrastruktur pendukung dan penguatan kelembagaan dalam rangka mendorong daya saing UMKM serta bantuan modal dan peralatan.

Advertisement

“Oleh karena itu, Bupati Banyumas mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah berupa lencana emas atas keberpihakannya terhadap sektor koperasi dan UMKM kategori kelompok utama. Penghargaan tersebut diserahkan hari ini (27/8) saat puncak Peringatan Ke-67 Hari Koperasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang dipusatkan di Wonosobo,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif