Jateng
Kamis, 28 Agustus 2014 - 06:50 WIB

ANGGARAN NEGARA : Jonan Menilai Subsidi BBM Sebaiknya untuk Pembangunan

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ignatius Jonan (JIBI/Kabar24)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignatius Jonan berpendapat subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang sedemikian besar lebih baik dialihkan untuk pembangunan.

“Besarnya saya dengar sampai Rp200 triliun. Memang besar sekali. Bayangkan kalau Rp200 triliun untuk membangun jalur rel-rel baru,” katanya di sela-sela talkshow Indonesia Optimis, seperti dikutip Antara, Rabu (27/8/2014).

Advertisement

Hal tersebut diungkapkannya menjawab salah satu pertanyaan dari peserta talkshow tentang berbagai tantangan yang dihadapinya dalam memajukan kinerja PT KAI hingga menjadi seperti sekarang.

Talkshow Indonesia Optimis yang menghadirkan Jonan sebagai pembicara utama tersebut diprakarsai oleh Fakultas Psikologi Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang.

Jonan mengungkapkan subsidi BBM selama ini justru banyak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang sebenarnya tidak layak menerima subsidi, yakni masyarakat yang sebenarnya mampu secara ekonomi.

Advertisement

“Memang masyarakat tidak mampu yang hanya memiliki sepeda motor berhak mendapatkan subsidi, tetapi orang kaya juga punya sepeda motor. Kalau saya punya kewenangan, saya putus [subsidi BBM],” ungkapnya.

Jika subsidi BBM sebesar Rp200 triliun dialihkan untuk pembangunan infrastruktur KA, kata dia, Indonesia bisa memiliki jalur KA lintas Sumatra sepanjang 2.500 kilometer yang hanya membutuhkan Rp50 triliun.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif