Sport
Rabu, 27 Agustus 2014 - 01:10 WIB

PEMBINAAN PEMAIN MUDA : Pro Duta FC Akan Kirim Pemain Muda Potensial ke Italia

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sihar P.H. Sitorus_ Pemilik club sepak bola Pro Duta FC Indonesia (Harian Jogja/JIBI/Desi Suryanto)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — PT Pro Duta FC akan mengirimkan pemain muda potensial Indonesia mengikuti kejuaraan Viereggo Cup World Football Tournament Coppa Carnevale Italia yang melahirkan pemain-pemain besar seperti Mario Balotelli dan Alesandro Del Piero, 2 Februari 2015.

Advertisement

Demi mendapatkan pemain terbaik di bawah usia 19 tahun, PT Pro Duta FC akan melakukan seleksi di lima kota yaitu NTT, Sorong, Halmahera, Medan dan Jakarta mulai 2 September nanti. Seleksi sendiri melibatkan jajaran pelatih Pro Duta FC dan Boca Junior Football School.

“Kami akan memberikan kesempatan kepada pemain muda terbaik Indonesia untuk belajar ke negara ini. Kami berharap mereka nantinya bisa mengenalkan diri jika Indonesia punya pemain berbakat,” kata Komisaris PT Pro Duta FC, Sihar Sitorus di Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Selain untuk memberikan kesempatan pemain muda untuk mengembangkan kemampuannya, kata dia, mengikuti kejuaraan di Italia adalah sebagai media mencari pemain terbaik yang diharapkan bisa memperkuat tim profesional maupun masuk Timnas Indonesia.

Advertisement

“Makanya kami fokus melakukan pencarian bakat di daerah-daerah yang selama ini belum dimaksimalkan. Kami yakin mereka banyak yang berpotensi dan memiliki kemampuan besar untuk maju,” katanya menambahkan.

Mantan anggota Komite Eksekutif PSSI itu menjelaskan, selain memberikan kesempatan pemain belajar, turun di kejuaraan Viereggo Cup 2015 juga dijadikan ajang untuk belajar ilmu bagi jajaran pelatih tim Pro Duta FC yang sejak dulu konsen dalam pembinaan pemain usia muda.

Sementara itu untuk teknis seleksi, PT Pro Duta FC akan memaksimalkan jajaran pelatih yang selama ini dimiliki yang salah satunya adalah pelatih Pro Duta FC yang saat ini masuk babak 16 besar kompetisi Divisi Utama 2014 dibawah pengelolaan PT Liga Indonesia.

Advertisement

“Kami akan menggunakan standarisasi yang sama dalam seleksi pemain. Hal itu kami lakukan agar mempermudah dalam menyeleksi pemain,” kata mantan pemain PSDS Deli Serdang itu.

Menurut dia, seleksi pertama akan dilakukan di NTT 2 September, selanjutnya menuju Sorong 5 September, Halmahera 9 September, berikutnya Medan dan seleksi terakhir akan dilakukan di Jakarta.

“Pemain yang boleh ikut seleksi kelahiran 1 Januari 1996 ke bawah. Yang jelas ada 22 pemain terbaik yang nantinya dikirim ke Italia. Meski saat ini kami memiliki pemain U-19, tapi mereka belum tentu bisa lolos seleksi,” kata CEO PT Pro Duta FC, Wahyu Wahab.

Menurut dia, Pro Duta FC merupakan satu-satunya tim asal Indonesia atau bahkan Asia yang akan turun ke kejuaraan yang dimulai sejak 1949 itu. Bahkan kejuaraan ini telah diakui oleh UEFA dan FIFA.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif