Jogja
Rabu, 27 Agustus 2014 - 04:20 WIB

PEMBATASAN BBM BERSUBSIDI : Warga Diimbau Tidak Panik

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ratusan jirigen mengantre menunggu diisi oleh petugas di SPBU Patalan, Jetis, Bantul Minggu (24/8/2014). Pemangkasan alokasi BBM bersubsidi sebesar 5% Selasa mulai (19/8/2014) lalu memicu antrean BBM bersubsidi di sejumlah SPBU di Bantul. (JIBI/Harian Jogja/Bhekti Suryani)

Harianjogja.com, JOGJA- Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Jogja mengimbau masyarakat tidak perlu panik menyikapi langkah Pertamina melakukan pengendalian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

“Pengendalian BBM bersubsidi di sejumlah SPBU dilakukan agar ketersediaannya cukup hingga akhir tahun. Berdasarkan informasi dari Pertamina, jika tidak dilakukan pengendalian, maka ketersediaan BBM bersubsidi hanya cukup hingga 19 Desember,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Jogja, Suyana, Senin (25/8/2014).

Advertisement

Menurut dia, Disperindagkoptan sudah memiliki tim yang ikut memantau kondisi SPBU setelah dilakukan pengendalian BBM bersubsidi.

Suyana menyebutkan, kuota BBM bersubsidi jenis premium untuk Kota Jogja pada 2014 telah ditetapkan sebanyak 105.679 kiloliter dan realisasi hingga Juli telah mencapai 54%.

Pemakaian terbanyak sepanjang semester pertama 2014 terjadi pada Mei yaitu 8.608 kiloliter, dan paling sedikit terjadi pada Februari sebanyak 7.080 kiloliter.

Advertisement

“Berdasarkan informasi dari Pertamina, langkah pengendalian BBM bersubsidi tersebut sudah dilakukan sejak 4 Agustus. Masyarakat tidak perlu berbondong-bondong mengantre di SPBU untuk memperoleh BBM bersubsidi karena Pertamina menjamin tidak ada kelangkaan BBM,” katanya.

Sedangkan bagi masyarakat dengan ekonomi yang lebih mampu, lanjut Suyana diharapkan dapat beralih menggunakan BBM nonsubsidi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif