Jogja
Rabu, 27 Agustus 2014 - 22:20 WIB

Pawai Kemerdekaan Disaksikan Ribuan Warga

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu peserta pawai menampilkan atraksi marching band disaksikan ratusan warga di depan Rumah Dinas Bupati Kulonprogo, Rabu (27/8/2014). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, WATES –  Semarak pesta HUT ke 69 Republik Indonesia masih diramaikan dengan Pawai Kemerdekaan yang diikuti oleh ratusan peserta, Rabu (27/8/2014).

Sejumlah sekolah dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kulonprogo turut berpartisipasi dalam pawai ini.

Advertisement

Ribuan warga Kulonprogo tumpah ruah di sepanjang rute pawai. Dari aksi baris berbaris siswa sekolah dasar hingga jajaran pegawai negeri di instansi pemerintahan menampilkan keselarasan gerak saat berbaris kompak melintasi jalanan di kota Wates hingga kecamatan Pengasih. Kemeriahan semakin terasa dengan sekelompok marching band.

“Pawainya menarik untuk hiburan. Apalagi sambil bawa anak bisa sebagai pelajaran juga, memberikan anak wawasan tentang acara semacam ini,” ujar Ninawati, 28, salah satu warga yang menonton pawai.

Pawai dan lomba ini dimulai dari depan Rumah Dinas Bupati Kulonprogo. Mengitari Alun-alun Wates lalu berjalan ke timur menuju depan Pemkab, Watulunyu, pertigaan Serut, Dayakan, SMPN 1 Pengasih, perempatan KUD Pengasih, perempatan UNY Wates, dan finish di SD Percobaan IV Wates.

Advertisement

“Acara ini merupakan salah satu rangkaian puncak acara peringatan HUT ke 69 RI. Acaranya lomba pawai dan karnaval dengan rute kurang lebih sejauh lima kilometer sampai enam kilometer,” ujar Ketua Panitia Lomba Pawai dan Marching Band Sarjana.

Sebanyak 111 peserta mengikuti lomba pawai dan karnaval ini. Pawai yang rutin digelar setiap tahunnya ini tak hanya menjadi ajang yang menghibur bagi warga Kulonprogo.

“Pawai ini juga memberikan wahana edukatif yang positif bagi masyarakat. Selain itu, menumbuhkan nilai-nilai perjuangan dan kegotongroyongan juga,” jelas Sarjana.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif