News
Rabu, 27 Agustus 2014 - 13:15 WIB

LOWONGAN CPNS 2014 : Seleksi CPNS Curang? Laporkan ke Sini!

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi CPNS (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, JAKARTA – Jauh sebelum pengumuman lowongan CPNS 2014, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sudah mengatakan  penerimaan CPNS bebas dari KKN. Belakangan KemenPAN-RB menyarankan siapa pun yang menemukan kecurangan untuk menghubungi pihaknya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar menjamin seleksi CPNS tahun ini bersih dari praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Pihaknya akan menggandeng ICW hingga BIN dalam proses seleksi.

Advertisement

Dilansir laman menpan.go.id, Jumat (22/8/2014), KemenPAN-RB menyatakan siap menggelar tes CPNS online. KemenPAN-RB telah menyiapkan soal-soal khusus yang terus diacak guna menghindari kebocoran soal. (Baca Juga: Catat! Peserta Boleh Daftar 3 Formasi CPNS di 1 Instansi Saja)

KemenPAN-RB juga menegaskan akan ada kerja sama dengan berbagai elemen seperti lembaga sandi negara, BPPT, BPKP, Ombudsman, ICW, bahkan kepolisian dan BIN ikut mendukung proses seleksi CPNS 2014.

KemenPAN-RB memastikan perekrutan CPNS 2014 tidak akan diwarnai dengan kecurangan. Dia meyakini, sistem perekrutan dan sistem tes menggunakan sistem komputer atau CAT menutup ruang gerak kecurangan.

Advertisement

Upaya lain dilakukan KemenPAN-RB dengan merilis pusat aduan kecurangan penerimaan CPNS 2014. Dalam pengumuman di situs resmi, Selasa (26/8/2014), Wakin Menteri PAN-RB, Eko Prasojo menghimbau masyarakat untuk segera melaporkan kepada Sekda, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau melalui hotline Panselnas jika terjadi kecurangan. Alamat surat elektronik atau e-mail yang dapat dihubungi siduta.menpan.go.id.

(Baca Juga: 4 Instansi Ini Sudah Terima 60.000 Pendaftar CPNS)

Eko mengatakan Pemerintah berusaha mengembalikan citra buruk pemerintah di mata masyarakat. “Kami akan menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat yang telah hilang karena selama ini ada image yang kurang baik. Anggapan buruk dari masyarakat bahwa orang yang akan menjadi CPNS itu harus membayar,” ujarnya.

Advertisement

Sejak 2012, lanjut Eko, pemerintah bekerja keras untuk memperbaiki proses seleksi CPNS. Tahun 2014 ini seluruhnya menggunakan sistem CAT, sehingga seleksi CPNS dapat berlangsung transparan, objektif, adil, bebas dari KKN, dan tidak dipungut bayaran.

Melalui proses seleksi ini, diharapkan dapat memperbaiki kualitas birokrasi pemerintah, karena akan diperoleh putra putri terbaik bangsa. Pada gilirannya, kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur yang ada di instansi pemerintah bertambah baik, karena untuk dapat diterima menjadi CPNS harus melalui kompetisi yang sangat ketat.

(Baca Juga: Formulir Pendaftaran CPNS Sudah Bisa Diakses, Begini Penampakannya)

Eko mengajak semua lapisan masyarakat untuk mengawal bersama proses seleksi CPNS ini agar bersih dari KKN. “Kita awasi bersama proses seleksi ini demi bangsa Indonesia yang lebih baik,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif