Jateng
Rabu, 27 Agustus 2014 - 16:55 WIB

GUNUNG SLAMET SIAGA : Terjadi Gempa Tremor 6 Jam, PVMBG Sebut Gempa Terlama

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gunung Slamet (Dok/JIBI/Antara)

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO—Gunung Slamet yang meliputi Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, dan Brebes Rabu (27/8/2014), mengalami gempa tremor terlama selama berstatus “Siaga” pada April dan Agustus 2014.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Pos Pengamatan Gunung Api Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, terekam adanya gempa tremor menerus yang terjadi pada pukul 00.00-06.00 WIB atau selama enam jam.

Advertisement

Jika dibandingkan dengan data gempa tremor yang terekam dalam beberapa hari terakhir, gempa tremor yang terjadi pada Rabu (27/8/2014) merupakan yang terlama sejak status Gunung Slamet dinaikkan menjadi siaga pada 12 Agustus maupun saat status siaga pada April 2014.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Surono mengakui jika gempa tremor yang terekam pada hari Rabu (27/8) merupakan yang terlama terjadi di Gunung Slamet selama status Siaga pada April maupun Agustus.

“Ya betul [gempa tremor terlama] Mudah-mudahan aktivitasnya tetap sama, energinya hanya untuk embusan asap dan untuk lontaran material pijar saja,” katanya seperti dikutip Antara.

Advertisement

Lebih lanjut, Surono mengatakan bahwa selain terjadi gempa tremor menerus pada pukul 00.00-06.00 WIB, selama periode pengamatan itu juga terekam 26 kali gempa letusan, teramati 73 kali sinar api setinggi 50-300 meter, serta terdengar empat kali suara gemuruh dan tiga kali suara dentuman.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif