Lifestyle
Selasa, 26 Agustus 2014 - 20:31 WIB

SERBA LIMA: Wow, Ini 5 Makanan Khas Indonesia yang Telah Mendunia!

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nasi Goreng Mangga (www.royco.co.id)

Solopos.com, SOLO – Kelezatan dan kenikmatan makanan memang selalu menggoda selera. Tak jarang olahan khas ini jadi ciri masing-masing negara. Serba lima kali ini akan mengupas olahan khas kuliner Indonesia yang telah mendunia.

Khususnya Indonesia, banyak makanan khas dari daerah-daerah yang sudah dikenal. Makanan khas ini bukan hanya jadi daya tarik, sebagian bahkan populer berkat menjuarai lomba kelas internasional.

Advertisement

Inilah lima makanan khas Indonesia yang mendunia seperti dihimpun Solopos.com, Selasa (26/8/2014);

Nasi Goreng

Nasi Goreng

Advertisement

Makanan yang satu ini adalah makanan olahan dari nasi dan aneka bumbu yang kemudian digoreng. Catatan Wikipedia seperti dikutip Solopos.com, Selasa (26/8/2014), Nasi goreng pertama kali dipopulerkan oleh masyarakat Tionghoa. Awalnya, nasi putih yang dingin diolah kembali agar bisa dinikmati.

Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk. Ada pula nasi goreng jenis lain yang dibuat bersama ikan asin yang juga populer di seluruh Indonesia.

Polling internet yang diadakan oleh CNN International 2011 silam yang diikuti 35.000 orang menempatkan nasi goreng pada peringkat dua dalam daftar “World’s 50 Most Delicious Foods.” Daftar makanan itu dimuat dalam situs CNNGo.

Rendang

Advertisement

Rendang

Rendang (www.artikel.web.id)

Inilah penyandang “World’s 50 Most Foods” versi CNN. Makanan khas Indonesia berasal dari Padang, Sumatera Barat, diolah dari daging sapi yang dimasak dalam rebusan santan. Bumbu rempah pun tak lupa dicampurkan sebagai kunci kenikmatan rendang.

Bawang putih, serai, lengkuas, kunyit, jahe, daun jeruk purut, dan garam direbus bersama hingga beberapa jam hingga bumbu meresap dan beraroma daging sapi.

Advertisement

Gado-Gado

Gado-Gado (urbanesia.com)

Gado-Gado

Salad, serupa tapi tak sama! Gado-gado adalah makanan yang berasal dari Jawa. Bahan sayur-sayuran yang disajikan barangkali serupa dengan salad. Bedanya bumbu yang disandingkan untuk menikmati rebusan sayuran itu. Bumbu sambal kacang, inilah yang memanjakan lidah para penikmatnya, terbuat dari tumbukan kacang tanah yang sudah disangrai.

Advertisement

Irisan telur rebus, kerupuk atau emping melengkapi para penikmat kuliner untuk menyantap salad khas Indonesia.

Dilansir Antara, salad khas Indonesia ini pernah menyabet juara pada Lomba Masak Internasional Liotorale Flegreo Nel Mondo yang digelar di Napoli, Italia, tahun 2010 silam. Gado-gado dianugerahi juara kategori tampilan sajian estetika.

Satai

Satai

Satai (www.vemale.com)

Irisan daging kecil-kecil yg ditusuk dan dipanggang, diberi bumbu kacang atau kecap. Demikian Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan makanan yang lebih sering ditulis Sate ini. Irisan daging itu ditusuk dengan iratan bambu sebesar lidi. Memasaknya dengan cara dibakar di atas bara api dari arang.

Advertisement

Makanan ini dihidangkan dengan bumbu pemikat lidah yakni, kecap ditambah irisan cabai dan bawang merah. Soal bumbu memang tergantung variasi pembuatnya. Satai biasanya juga disandingkan dengan lontong atau nasi putih.

Satai punya banyak variasi di setiap daerah. Ada satai Madura, satai Lamongan, satai Padang dan beberapa daerah lain.

Di Amerika, satai juga mulai dikenal sejak 1999. Sonny Setiantoko, lewat truck food satai yang sudah membuka restoran di Washington DC sejak tahun 1999.

Bakso

Bakso

Tahukah Anda asal mula nama bakso? Dalam bahasa Hokkien, bakso adalah daging babi giling. Di Indonesia makanan ini dimodifikasi. Alasannya tentu saja, karena sebagian besar penduduk  Indonesia beragama muslim. Di Indonesia, bakso diganti dengan daging ayam atau sapi.

Kenikmatan bakso tak hanya pada dagingnya, melainkan juga kuah kaldunya yang juga segar ketika disantap. Apalagi menyantap disaat musim hujan.

Bakso ini semakin dikenal tatkala presiden Barack Obama berkunjung ke Indonesia pada tahun 2010 silam dan menjajal kuliner Indonesia itu. Sejumlah situs berita di Amerika Serikat pun menjadi heboh dan santer memuat tulisan tentang bakso, seperti Nola.com, CDA Press.com, dan Boston Globe. Nola.com merilis sebuah tulisan yang berjudul Bakso: the soup President Obama loved as a child, 15 November 2010 silam.

Bakso pun masuk dalam tiga besar dari daftar 40 makanan terbaik Indonesia versi CNN seperti dikutip dari laman CNN Go. (A. Nindya/JIBI/Solopos)

Bakso (id.wikipedia.org)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif