News
Selasa, 26 Agustus 2014 - 10:45 WIB

PENGAMANAN PEMILU 2014 : 3 Polisi Tewas saat Bertugas Amankan Proses Pemilihan Umum

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kapolri Jenderal Pol. Sutarman (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Solopos.com, JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mencatat sedikitnya ada tiga anggota tewas saat melaksanakan tugas negara dalam upaya pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

“Di daerah ada yang mengawal meninggal tiga orang, itu kawal kotak suara satu [orang] di Papua, satu di Natuna dan satu di Jawa. Jadi itu ada tiga [orang] yang meninggal,” ujar Kapolri Jenderal Sutarman kepada wartawan seusai memimpin Apel Konsolidasi Pasca Pengamanan PHPU TNI/Polri di Lapangan Lalulintas Polda Metro Jaya, Selasa (26/8/2014).

Advertisement

Sementara di wilayah Polda Metro Jaya, tercatat ada dua anggota polisi yang terluka saat mengamankan aksi demo pendukung Prabowo Subianto di Bundaran Patung Kuda, Jakarta, di sela-sela sidang putusan Pilpres 2014 di gedung Mahkamah Konstitusi, Kamis (21/8/2014) lalu.

Polri juga mencatat ada sejumlah fasilitas negara yang rusak akibat aksi anarkistis massa pendukung Prabowo. Namun pihaknya belum menghitung kerugian materil dalam peristiwa tersebut.

“Kemarin kawat duri diinjak-injak dan dirusak, ada kendaraan kita dilempari pecah [kacanya],” kata Sutarman.

Advertisement

Lebih lanjut, Sutarman mencabut status Siaga 1 pasca pengamanan sidang sengketa Pilpres 2014. Tapi Polri tetap bersiaga dengan menurunkan status pengamanan menjadi Siaga 3.

“Sidang PHPU [Perselisihan Hasil Pemilihan Umum] kemarin kita turunkan [siaga] ke dua kemudian hari ini kita turunkan siaga tiga,” kata Kapolri.

Meski demikian, Polri tetap mengamankan tahapan lainnya dalam Pemilu 2014 ini. Personel yang dilibatkan dalam Operasi Mantap Brata tetap disiagakan hingga pelantikan sumpah jabatan Presidan dan Wakil Presiden terpilih pada tanggal 20 Oktober 2014 nanti.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif