News
Selasa, 26 Agustus 2014 - 10:30 WIB

LOWONGAN CPNS 2014 : Gandeng ICW hingga BIN, MenPAN-RB Jamin Penerimaan CPNS Bersih dari KKN

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengumuman Seleksi CPNS 2014 (menpan.go.id)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar menjamin seleksi CPNS tahun ini bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Pihaknya akan menggandeng ICW hingga BIN dalam proses seleksi.

Dilansir laman menpan.go.id, Jumat (22/8/2014), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyatakan siap menggelar tes CPNS online. KemenPAN-RB telah menyiapkan soal-soal khusus yang terus diacak guna menghindari kebocoran soal. (Baca Juga: Catat! Peserta Boleh Daftar 3 Formasi CPNS di 1 Instansi Saja)

Advertisement

KemenPAN-RB juga menegaskan akan ada kerjasama dengan berbagai elemen seperti lembaga sandi negara, BPPT, BPKP, Ombudsman, ICW, bahkan kepolisian dan BIN ikut mendukung proses seleksi CPNS 2014.

KemenPAN-RB memastikan perekrutan CPNS 2014 tidak akan diwarnai dengan kecurangan. Dia meyakini, sistem perekrutan dan sistem tes menggunakan sistem komputer atau CAT menutup ruang gerak kecurangan.

Advertisement

KemenPAN-RB memastikan perekrutan CPNS 2014 tidak akan diwarnai dengan kecurangan. Dia meyakini, sistem perekrutan dan sistem tes menggunakan sistem komputer atau CAT menutup ruang gerak kecurangan.

Selain itu dijelaskan, pemerintah memberi kesempatan berupa formasi khusus kepada para disabel yaitu orang-orang berkebutuhan khusus sebesar 300 formasi. Adapun 200 formasi untuk atlet berprestasi yang akan dikembangkan menjadi pelatih, 165 formasi untuk putra-putri Papua, serta formasi khusus untuk anak-anak berprestasi dari kampus yang terakreditasi A.

(Baca Juga: Pendaftaran CPNS Online Rampung, Peserta Wajib Daftar Ulang)

Advertisement

Dalam pelaksanaan seleksi CPNS 2014 ini pemerintah tengah mempersiapkan system computer assisted tes (CAT). Dengan sistem CAT, tes perekrutan CPNS bisa dilakukan setiap hari. Setiap instansi bisa menggelar tes CPNS dan akan difasilitasi oleh BKN. (Baca Juga: Pengembang Buat Aplikasi Tes CPNS CAT di Android)

Menpan menjamin tidak akan ada kebocoran soal. Pemerintah mengaku telah menyiapkan puluhan ribu bank soal. Rata-rata tidak sama antara satu soal dengan soal lainnya.

Pemeritah juga mengungkap, dengan sistem CAT, semua nilai peserta tes dapat langsung dilihat di layar besar yang telah disediakan. Nilai langsung ditampilkan sesaat setelah tes, tanpa harus menunggu berhari-hari.

Advertisement

Dijelaskan pula, kenyamanan dan transparansi peserta, instansi pusat maupun daerah mengubah mindset masyarakat dengan menyediakan fasilitas komputerisasi dalam rekrutmen CPNS tahun 2014.

Namun untuk sosialisasi tidaklah mudah, sebab masih ada beberapa pihak yang merasa dirugikan dengan adanya sistem yang akuntabel ini, serta memanfaatkan proses seleksi CPNS tahun 2014 yang berlangsung bersih, profesional, dan tanpa korupsi. (Baca Juga: E-KTP Syarat Mutlak Pendaftaran CPNS)

“Tahun-tahun lalu, peserta kalah bukan karena tidak lolos tes, melainkan karena tidak bisa masuk ke stadion senayan yang memuat lima belas ribu orang, tempat dilaksanakannya tes CPNS,” ujarnya dalam launching simulasi CAT online Wisma Serbaguna, Senayan, Rabu (20/8/2014).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif