Jateng
Senin, 25 Agustus 2014 - 16:50 WIB

PASAR EKSPOR : Di Luar Negeri, Batik Lebih Disukai dalam Bentuk Kain

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PAMERAN BATIK KERATON

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Ekspor batik lebih baik dalam bentuk kain dibandingkan pakaian jadi (baju) karena ukuran yang tidak sama antara konsumen lokal dengan asing.

“Selama ini beberapa ekspor batik dalam bentuk baju justru kurang diminati, berbeda jika perajin lokal melakukan ekspor dalam bentuk kain saja,” ujar General Manajer Perdagangan, Pelatihan dan Pusat Informasi Kadin Jateng Gendut Marjoko seperti dikutip Antara, Senin (25/8/2014).

Advertisement

Menurutnya konsumen asing lebih mempercayakan desainer mereka sendiri karena sesuai dengan selera dan sesuai dengan ukuran tubuh mereka.

“Kalau dibandingkan memang desainer luar negeri dengan lokal tentu lebih baik luar negeri, mereka bisa membuat baju terlihat lebih mahal meskipun kain yang digunakan sederhana,” katanya.

Marjoko berharap agar suatu saat ada pengrajin lokal yang bekerja sama dengan desainer asing untuk melakukan ekspor baju batik.

Advertisement

Sementara itu, ia yang memiliki beberapa butik batik di Malaysia mengatakan untuk harga produk yang murah atau mahal sejauh ini tidak pernah dipermasalahkan oleh konsumen asing.

“Bagi mereka, batik ini adalah salah satu produk kerajinan jadi mereka sangat menghargainya, harga mahal tidak menjadi persolan asalkan sesuai dengan apa yang diinginkan,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif