News
Senin, 25 Agustus 2014 - 11:30 WIB

JOKOWI PRESIDEN : Survei: Hampir 50% Pemilih PKS Tak Kecewa Partai Beralih Dukung Jokowi-JK

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kampanye PKS (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Sebagian pemilih sejumlah partai politik (parpol) anggota Koalisi Merah Putih pengusung Prabowo-Hatta mengaku tidak masalah jika parpol mereka mengalihkan dukungan ke Jokowi-JK. Bahkan, di Gerindra dan PKS, sebagian pemilih juga tidak masalah jika partai mereka merapat Jokowi. Baca: Mayoritas Pemilih Prabowo-Hatta Setuju Ajakan Bergabung Jokowi-JK.

Hasil survei Litbang Kompas Rabu-Jumat (20-22/8/2014) yang diterbitkan di Harian Kompas hari ini menunjukkkan pendapat para pendukung parpol anggota Koalisi Merah Putih jika parpol pilihan mereka mengalihkan dukungan ke Jokowi-JK setelah putusan MK.

Advertisement

Di kalangan pemilih Partai Gerindra, 30% mengaku tidak kecewa partainya beralih mendukung Jokowi-JK. Sebanyak 12,5% lainnya mengaku biasa saja dan 5% mengaku tidak tahu. Meski demikian, mayoritas pemilih Gerindra (52,2%) mengaku kecewa jika partainya sampai mengalihkan dukungan ke Jokowi-JK.

Sementara itu, 30% pemilih Partai Golkar dalam survei ini juga tidak kecewa jika parpol beringin itu mengalihkan dukungan ke Jokowi-JK. Sedangkan 55% lainnya menyatakan kecewa. Hal serupa juga tampak di kubu PPP. Sebanyak 55,6% pemilih PPP mengaku kecewa jika parpol pimpinan Suryadharma Ali itu merapat ke Jokowi-JK. Sedangkan 33,3% lainnya mengaku tidak kecewa dan 11,3 % mengaku biasa saja.

Fakta menarik datang dari PKS dan Demokrat. Ternyata hanya 30,8% pemilih PKS yang kecewa jika partai mereka mengalihkan dukungan ke Jokowi-JK. Sedangkan hampir setengahnya (46,2%) dalam survei ini tidak kecewa jika dukungan PKS dialihkan ke Jokowi-JK. Sementara itu, 23% lainnya mengaku biasa saja.

Advertisement

Di kalangan pemilih Partai Demokrat dalam survei ini, 48,1% mengaku tidak kecewa jika parpol pimpinan SBY itu mendukung Jokowi-JK. Hanya 29,6% pemilih Partai Demokrat yang mengaku kecewa jika partai mereka mendukung Jokowi-JK.

Survei Litbang Kompas melalui telepon ini melibatkan 708 responden berusia minimal 17 tahun yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis dari buku telepon terbaru. Responden berdomisili di 12 kota besar Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Medan, Palembang,Denpasar, Banjarmasin, Pontianak, Makasar, dan Manado. Jumlah responden di tiap wilayah ditentukan secara proporsional. Tingkat kepercayaan 95% dan nir pencuplikan penelitian +/- 3,7%.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif