News
Sabtu, 23 Agustus 2014 - 21:51 WIB

PILPRES 2014 : Jokowi-Kalla Prioritaskan Gandeng Golkar

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Joko Widodo (kiri) dan Jusuf Kalla, di kapal pinisi Hati Buana Setia di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Selasa (22/7/2014). (Dwi Prasetya/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA — Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 Joko Widodo dan Jusuf Kalla memberikan prioritas kepada Partai Golkar untuk bergabung dengan koalisinya guna menguatkan suara di tingkat parlemen.

Poempida Hidayatullah, kader Partai Golkar yang sudah diberhentikan oleh Pemimpin Partai Golkar Aburizal Barie karena menyatakan dukungannya kepada pasangan Jokowi-JK, Jumat (22/8/2014), mengatakan partai politik dengan lambang beringin tersebut masih mendapatkan prioritas untuk berkoalisi dengan Jokowi-JK. “JK sebagai kader Golkar memberikan prioritas yang besar kepada Golkar untuk mendukung koalisinya,” katanya kepada Jaringan Informasin Bisnis Indonesia (JIBI) di Jakarta.

Advertisement

Jika Partai Golkar bergabung dengan koalisi, terangnya, dukungan parlemen untuk Jokowi-JK sudah memenuhi, atau lebih dari 50% suara sah. Saat ini, Jokowi-JK didukung oleh 38% suara sah. Adapun Partai Golkar memperoleh 14,75% kursi parlemen dalam Pemilu 2014 lalu.

Menurut Poempida, Golkar masih menjadi penentu kelangsungan pemerintahan Jokowi-JK. “Namun jika [Golkar] terlambat menentukan sikap, mungkin pada September, koalisi Jokowi akan menggandeng partai lain seperti Demokrat atau PAN,” jelasnya.

Meski demikian, sesuai dengan informasi yang didapat dari internal Golkar, partai dengan lambang pohon beringin tersebut masih belum menentukan pilihan. “Hingga saat ini Partai Golkar masih kukuh berani di luar pemerintahan.”

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif