News
Sabtu, 23 Agustus 2014 - 21:30 WIB

PENEMUAN BARU : Fenomena Bumi Retak Ditemukan di Meksiko

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tanah retak di Meksiko (news.com.au)

Solopos.com, SOLO – Sebuah fenomena tak biasa kembali ditemukan di bumi. Fenomena retaknya bumi di sebuah perdesaan Meksiko membuat panik warga sekitar yang khawatir dapat memicu aktivitas seismik di kawasan tersebut.

Dilansir International Business Time, Jumat (22/8/2014), fenomena alam tersebut kali pertama diungkapkan oleh pesawat darurat Meksiko, Hermosillo Sonara melalui sebuah rekaman video. Dalam penelitian lebih lanjut, peneliti menyimpulkan retakan ini memiliki panjang satu mil atau 1,6 km dengan lebar 5 meter, dan kedalaman 3 meter.

Advertisement

Warga dari Desa Sonora, Meksiko Utara, menemukan retakan tersebut saat mereka akan melintasi wilayah itu untuk pergi ke jalan raya. Salah satu peneliti, Rafael Pacheco Rodriguez dari Universitas Sonara mengungkapkan, kejadian ini mungkin terjadi akibat aktivitas seismik atau sungai di bawah tanah.

Tapi, ia menambahkan para ahli geologi harus menyelidiki fenomena ini untuk mengetahui penyebab yang sesungguhnya.

Martin Moreno Valencia dari Institut Geologi Universitas Otonomi Nasional Meksiko, justru  mengatakan sebaliknya. Kepada situs berita Meksiko, Excelsior  ia mengatakan tidak ada alasan untuk khawatir. Ia berkesimpulan fenomena ini disebabkan air hujan yang menyusup ke tanah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif