Soloraya
Sabtu, 23 Agustus 2014 - 17:40 WIB

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SRAGEN : Desa Celep akan Dijadikan Sentra Pembuatan Sabun Colek

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Direktur Usaha Ekonomi Masyarakat Ditjen PMD Kemendagri, Sapto Supono (kanan), menyaksikan pembuatan sabun colek yang dilakukan warga Desa Celep, Kedawung, Sragen, Sabtu (23/8/2014). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN – Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menargetkan Desa Celep, Kedawung, Sragen, sebagai sentra pembuatan sabun colek.

Direktur Usaha Ekonomi Masyarakat Ditjen PMD, Sapto Supono, di sela-sela kunjungannya ke Desa Celep, Sabtu (23/8/2014), menguraikan dengan adanya pelatihan, masyarakat bisa memproduksi serta memakai produk yang sudah mereka buat.

Advertisement

“Kami ingin memberikan pelatihan pembuatan sabun colek. Basisnya masyarakat yang memproduksi dan memakainya. Ini merupakan instrumen mensejahterakan rakyat,” jelas dia.

Sapto mencontohkan jika 10.000 masyarakat bisa memproduksi sabun colek, keuntungan yang didapat mencapai Rp200 juta-Rp300 juta dalam setahun. “Kalau seperti ini masyarakat akan mandiri. Kedaulatan ekonomi terletak di situ,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sapto menguraikan tak hanya sabun colek, pihaknya siap melakukan pelatihan kepada masyarakat untuk membuat 40 jenis produk. “Seperti produksi kecap, odol bahkan sampai pembalut dan ponsel. Soal mau membuat apa, saya tidak ingin top down. Kami melakukan pelatihan atas permintaan masyarakat,” katanya.

Advertisement

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto, berharap masyarakat bisa konsisten dengan pelatihan yang sudah mereka terima. “Kami berharap menjadi sebuah komitmen bagi masyarakat. Jadi jangan sampai setelah pelatihan berakhir, selesai semua. Tetapi bagaimana ini didorong agar konsisten,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif