News
Sabtu, 23 Agustus 2014 - 15:45 WIB

LOWONGAN CPNS 2014 : Ini Alasan Situs Panselnas CPNS Sulit Diakses

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Situs Pendaftaran Terpadu Panselnas, Rabu (20/8/2014) Pagi, Belum Buka Pendaftaran CPNS (istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Situs pendaftaran CPNS online telah dibuka panselnas sejak Rabu (20/8/2014). Meski sudah cenderung stabil, sebagian pengakses masih bingung lantaran hanya bisa masuk situs di jam-jam tertentu.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) bersama Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) sudah melakukan uji coba dalam dua pekan ke belakang. Hasilnya tidak ada masalah dan situs tersebut bisa melayani pendaftar CPNS dengan baik.

Advertisement

“Kami sudah berusaha sekeras mungkin. Ini sudah kami lakukan uji coba selama dua pekan belakangan ini. Ada 2.000 pengunjung dalam satu jam. Itu tidak ada masalah,” ujar Tim Audit IT Panselnas perwakilan BPPT, Zainul Azwar Efendi seperti dilansir Detik, Sabtu (23/8/2014).

“Persiapan yang kami lakukan ini adalah persiapan panjang dan melelahkan. Jadi kami percaya kerja keras kami ini bisa mengakomodasi banyaknya masyarakat yang akan melakukan pendaftaran PNS,” tambahnya.

Supaya situs tersebut bisa menampung lebih banyak pengakses, Panselnas menyatakan sudah ada 12 instansi yang meminjamkan server untuk digunakan sebagai bantuan teknis pendaftaran CPNS online.

Advertisement

“Ada 12 instansi yang merelakan server-nya untuk digunakan untuk teknis penerimaan pendaftaran secara online ini. Kemdikbud, Kementerian Keuangan, BKN, BPPT, tim IT dari semua instansi totalnya ada 12. Saat ini sudah siap,” ujarnya.

Dilansir Liputan6, Sabtu (23/8/2014), menurut pihak Panselnas melalui Arunanto, sulit diaksesnya situs pendaftaran online tes CPNS disebabkan  banyaknya calon peserta yang mengakses secara bersamaan.

Server down sejak pukul 08.00 WIB pagi tadi. Ini terjadi karena terlalu banyak yang mengakses secara bersamaan,” kata Arunanto saat berbincang dengan Liputan6.com.

Advertisement

Arunanto menjelaskan, saat ini pihaknya masih terus berupaya menangani masalah ini. ” Tim teknis sedang berusaha agar server segera pulih,” tutur dia.

Sebelumnya, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Setiawan Wangsaatmaja mengatakan situs pendaftaran panselnas.menpan.go.id telah dapat diakses sejak kemarin, Rabu (20/8/2014).

Proses pendaftaran seleksi CPNS melalui sistem Computer Assisted Test (CAT) ini akan berlangsung secara bertahap di setiap instansi yang membuka formasi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif