Lifestyle
Sabtu, 23 Agustus 2014 - 00:10 WIB

HASIL PENELITIAN TERBARU : Sabun Antibakteri Ternyata Berbahaya!

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencuci tangan menggunakan sabun antibakteri (getholistichealth.com)

Solopos.com, SOLO-– Hasil penelitian terbaru ini, penting bagi kesehatan Anda! Bagi sebagian besar orang yang sadar akan kesehatan sering kali memilih sabun antibakteri untuk menjaga kebersihan dan menghindarkan diri dari bahaya bakteri.

Tapi penelitian terbaru justru menyebutkan sabun antibakteri akan berdampak buruk bagi kesehatan. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun antibakteri membuat kita akan lebih rentan terkena bahan kimia yang terkandung pada sabun tersebut.

Advertisement

Salah satu bahan kimia tersebut adalah triclosan yang merupakan kandungan antibakteri sintetis. Triclosan banyak ditemukan dalam berbagai produk perawatan seperti sabun, pasta gigi, krim jerawat, dan kosmetik.

Penelitian yang dilakukan olah lembaga makanan dan obat Amerika Serikat, Food and Drug Administration mengatakan, sabun antibakteri seperti triclosan dapat menyebabkan kulit menyerap bahan kimia.

Setelah menganalisis sampel urine dari orang-orang yang menggunakan sabun antibakteri, mereka menemukan urine mereka mengandung triclosan dalam kadar yang tinggi.

Advertisement

Dari hasil penelitian tersebut mereka mengklaim bahwa paparan bahan kimia itu dapat mengganggu sistem hormon dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah perkembangan pada janin dan bayi baru lahir.

Dilansir Healthmeup, Kamis (21/8/2014), Para ahli merekomendasikan untuk mencuci tangan dengan sabun biasa daripada sabun antibakteri. Cucilah tangan menggunakan sabun selama kurang lebih 20 detik untuk menjaga tangan Anda tetap bersih.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif