Sport
Sabtu, 23 Agustus 2014 - 16:50 WIB

DARWIN AMBON YACHT RACE INTERNASIONAL 2014 : 23 Peserta Lomba Layar Dilepas Dari Pantai Darwin

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

 
Harianjogja.com, AMBON — Tercatat sebanyak 23 peserta lomba layar Darwin Ambon Yacht Race (DAYR) Internasional 2014 pada Sabtu dilepas dari pantai Darwin, Australia Utara.

“acara Pelepasan peserta lomba DAYR dari pantai Darwin oleh Wali Kota Darwin akan disaksikan oleh Wakil Gubernur Maluku Maluku, Zeth Sahuburua, Wali kota Ambon, Richard Louhenapessy dan rombongan,” kata Yopi anggota Panitia DAYR lokal di lokasi finis pantai Negeri Amahusu, Kota Ambon, Sabtu (23/8/2014).

Advertisement

Dia menjelaskan, 23 perahu layar yang akan masuk finis di pantai Negeri Amahusu terdiri 21 perahu merupakan peserta lomba sedangkan dua perahu lainnya merupakan peserta Sail Raja Empat (Provinsi Papua Barat).

“Kondisi cuaca dan ditambah dengan angin yang bertiup dengan kencang siang dan malam selama ini ikut mendorong perahu peserta, dan diperkirakan pada hari Senin (25/8) tengah malam sudah pasti perahu peserta pertama sudah masuk finis di pantai Amahusu,” ujarnya.

“Jangan lupa, lanjutnya, lomba DAYR ini peserta tercepat pernah diraih perahu layar Zuma dengan skipper John Punch tahun 1998 dengan catatan waktu 53 jam 29 menit dan 50 detik.

Advertisement

Sedangkan tahun 2013 diikuti oleh 19 perahu peserta tercatat perahu layar Australian Maid dengan Kapten John Wardill bersama 12 anak buah kapal itu tiba pada hari Selasa (20/8) pada pukul 08.30 WIT, setelah dilepas dari pantai Darwin pada Sabtu,(17/8).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon Hendry Sopacua mengatakan, jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 21 perahu layar berbendera Australia, Amerika serikat dan Swedia.

“Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2013 hanya 19 peserta. Jika tidak ada halangan seluruh perahu tiba pada 28-29 Agustus,” katanya.

Advertisement

Menurut dia, sesuai rencana para peserta lomba ini akan dilepas oleh Wali KOta Darwin dan didampingi Wagub Maluku dan Wali kota Ambon.

Hendry menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Imigrasi, Balai karantina, Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Kantor Syahbandar dan Otoritas pelabuhan (KSOP) serta aparat kepolisian.

“Pokoknya sama dengan tahun sebelumnya kami juga telah melakukan berbagai persiapan penyambutan perahu layar yang tiba pertama di pantai Amahusu, dan kegiatan lain selama peserta berada di Ambon,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif