Jateng
Jumat, 22 Agustus 2014 - 07:50 WIB

PROGRAM PEMERINTAH : Rumah Tak Layak Huni Terima Bantuan Dana Rehab

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG—Sebanyak 390 rumah tidak layak huni di Temanggung, Jawa Tengah, mendapat bantuan stimulan perumahan swadaya dari pemerintah.

Asisten Deputi Evaluasi Perumahan Swadaya Kementerian Perumahan Rakyat Eko Heri Poerwanto di Temanggung, Kamis, mengatakan Kabupaten Temanggung mendapat alokasi BSPS untuk tahun ketiga sebanyak 390 unit, sebelumnya pada 2013 sebanyak 380 unit dan tahun 2012 sebanyak 130 unit.

Advertisement

Ia mengatakan, bantuan pada 2014 tersebar di empat kecamatan, yakni Kledung, Tembarak, Ngadirejo dan Kaloran. Masing-masing penerima mendapat bantuan Rp7,5 juta dan langsung masuk ke rekening bank penerima.

“Dana bantuan masuk rekening bank, penerima bisa mencairkan dana di bank yang bersangkutan,” katanya.

Ia mengatakan, tahun ini Kemenpera menganggarkan dana Rp20,550 miliar untuk program BSPS di lima kabupaten di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk 2.888 unit rumah, yakni Kabupaten Cilacap sebanyak Rp5,3 miliar, Banyumas Rp3,1 miliar, Temanggung Rp 2,9 miliar, Magelang Rp5,91 miliar, dan Sleman Rp3,18 miliar.

Advertisement

Wakil Bupati Temanggung, Irawan Prasetyadi, mengatakan, sebanyak 10.821 rumah di Kabupaten Temanggung masuk kategori tidak layak huni. Pemkab Temanggung terus berusaha mengentaskannya namun karena keterbatasan dana sehingga belum bisa ditangani semua, pada waktu yang bersamaan ada tambahan rumah yang masuk kategori tidak layak huni.

“Setiap tahun pemkab hanya mampu mengentaskan 700 hingga 800 unit rumah, sedang rumah yang masuk tidak layak huni setiap tahun ada yang baru,” katanya.

Ia mengatakan, pengentasan rumah tidak layak huni di Temanggung ditangani Badan Perencanaan Pembangunan Desa, Dinas Sosial, Badan Amil Zakat dan Infaq Daerah, perusahaan swasta, perbankan, dan forum badan usaha milik daerah serta perseorangan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif