Jogja
Jumat, 22 Agustus 2014 - 02:20 WIB

Pendapatan Taman Pintar Telah Capai 60% dari Target

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Contoh zona Standar Nasional Indonesia (SNI) di Kompleks Taman Pintar, Jogja, Senin (16/12/2013). Zona ke-47 Taman Pintar tersebut diresmikan untuk mengiringi HUT Taman Pintar ke-5. (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Harianjogja.com, JOGJA- Realisasi pendapatan tempat wisata edukasi yang menjadi ikon Kota Jogja, Taman Pintar hingga awal semester kedua 2014 mencapai 60% dari target yang ditetapkan.

“Hingga saat ini sudah tercapai lebih dari 60 persen dan kami optimistis target itu bisa tercapai,” kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono, Rabu (20/8/2014).

Advertisement

Menurut dia, target pendapatan Taman Pintar pada tahun anggaran 2014 ditetapkan sebesar Rp12 miliar atau naik 20% bila dibanding target pendapatan pada tahun lalu yaitu sebesa Rp10 miliar.

Ia menyebut, peningkatan target pendapatan pada tahun ini salah satunya disebabkan adanya kebijakan kenaikan harga tiket masuk ke berbagai wahana yang ada di Taman Pintar.

“Karena harga tiket masuk naik, maka target pendapatan pada tahun ini pun otomatis dinaikkan,” katanya.

Advertisement

Yunianto menyebut, Taman Pintar berusaha melakukan berbagai inovasi agar tempat wisata edukasi tersebut tetap menjadi tujuan wisata utama di Kota Jogja.

Salah satu perubahan yang telah dilakukan pada tahun ini adalah mempercantik wahana laminer yang ada di area playground dari semula lima titik pompa menjadi 20 titik pompa sehingga air yang disemburkan bisa berbentuk layaknya tirai.

Perubahan peraga juga hadir di Gedung Oval lantai dua yaitu mengubah wajah Jembatan Sains yang menjadi wahana khusus untuk ilmu fisika, kimia, biologi dan matematika.

Advertisement

“Inovasi yang bisa kami lakukan adalah dengan memperbarui wahana-wahana yang ada sesuai dengan perkembangan zaman karena untuk memperluas Taman Pintar sudah tidak memungkinkan lagi. Lahannya sangat terbatas,” katanya.

Yunianto mengatakan, selain memperbarui wahana yang sudah ada, Taman Pintar tetap berusaha menjaga kenyamanan pengunjung. “Meskipun lahannya terbatas, namun kenyamanan tetap menjadi faktor utama yang harus dijaga karena jumlah pengunjung yang terus meningkat,” katanya.

Sepanjang 2012, Taman Pintar dikunjungi sekitar 907.000 wisatawan dan meningkat menjadi 1,06 juta pengunjung pada 2013 sedangkan pada 2014 diperkirakan jumlah pengunjung pun mencapai lebih dari satu juta wisatawan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif