Lifestyle
Jumat, 22 Agustus 2014 - 05:31 WIB

KULINER SOLO : Mencicipi Pedas Manisnya Abon di Kota Solo

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kedai Pangan Varia yang menyediakan abon berkualitas di Solo

Solopos.com, SOLO ­­– Abon merupakan penganan yang terbuat dari olahan daging sapi atau ayam yang telah dikenal kelezatannya. Tak hanya digemari karena kelezatan rasanya, biasa disajikan dengan berbagai kemasan yang praktis, abon kerap menjadi lauk yang mudah dan praktis dibawa kemana pun. Di Kota Solo terdapat beberapa toko yang kondang memproduksi dan menjual abon sapi dan ayam dengan kualitas terjamin.

Di deretan toko kawasan Coyudan misalnya, terdapat beberapa toko yang menawarkan abon dan penganan lain khas Solo. Salah satu toko tersebut adalah Kedai Pangan Varia yang menyediakan kudapan khas Solo dengan produk utamanya adalah abon. Diproduksi sejak tahun 1935 , abon yang mereka produksi kondang dengan sebutan Abon Varia.

Advertisement

Beralamat di Jl. dr. Rajiman No. 132 Solo, Kedai Pangan Varia menawarkan dua varian rasa abon, yakni Abon Varia manis dan Abon Varia pedas. Salah seorang karyawan Kedai Pangan Varia, Lisa, 27, mengatakan, harga Abon Varia daging sapi  rasa manis adalah Rp64.000, sedangkan untuk rasa pedas dihargai  Rp65.000. Sementara abon dari daging ayam dihargai lebih murah, yakni Rp44.000 untuk rasa manis dan Rp45.000 untuk rasa pedas yang berisi 250 gram.

“Abon yang dibuat dari daging ayam manis dan pedas masing-masing dijual dengan harga Rp44.000 dan Rp45.000,” ujar Lisa saat ditemui Solopos.com, Kamis (21/8/2014).

Selain Toko Varia, ada beberapa toko lain yang kondang menjual abon dan berbagai oleh-oleh khas Soloraya. Toko Abon Mesran misalnya, yang beralamat di Jl Kalilarangan No 71, Solo. Dirintis oleh pasangan suami istri Mesran Mistopawiro dan Wagiyem sejak tahun 1987, Toko Abon Mesran seakan tak pernah sepi pembeli.

Advertisement

“Memang awal mulanya kami membuat serundeng ­[penganan olahan dari parutan kelapa dicampur dengan rempah-rempah dan disangrai] tapi abon juga laris terjual,” ujar Bayu, anak dari generasi kedua pemilik Toko Abon Mesran, ditemui Solopos.com, Kamis (21/8/2014).

Soal harga, Bayu  mengatakan dapat berubah kapan saja sesuai dengan harga daging sapi maupun ayam di pasar. Hal ini lantaran dalam 3 kg daging mentah, hanya bisa menjadi 1 kg abon. (A.Nindya.Paramita/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif