News
Jumat, 22 Agustus 2014 - 08:30 WIB

KRISIS IRAK : Iran Mau Bantu Perangi ISIS, Asalkan ...

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Militan ISIS (Istimewa/qdnd.vn)

Solopos.com, JAKARTA — Di tengah berkecamuknya perang antara pasukan militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dengan pasukan Irak dan AS, Iran menyatakan bersedia untuk memberikan bantuan dalam menghadapi kelompok militan tersebut.

Kendati demikian, Iran menegaskan keinginannya melakukan negosiasi terlebih dahulu dengan negara-negara besar terkait program nuklir yang dimilikinya. Sebelumnya, Prancis sebagai salah satu negara yang masuk dalam pembicaraan soal nuklir meminta Iran membantu melaporkan keadaan ISIS secara menyeluruh.

Advertisement

Pasalnya, ISIS telah mengontrol sebagian besar wilayah Suriah dan Irak. Sedangkan pada sisi lain, Iran menginginkan adanya pembahasan program nuklir terlebih dahulu.

“Jika kita setuju untuk melakukan sesuatu di Irak, pihak lain perlu melakukan sesuatu sebagai balasannya,” ujar Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif sebagimana dikutip Reuters, Jumat (22/8/2014). Sejauh ini, pasukan AS dan Irak terus menggempur posisi pasukan ISIS yang sebelumnya sempat menguasai Dam Mosul di Irak.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif