News
Jumat, 22 Agustus 2014 - 15:34 WIB

HASIL SIDANG MK : Mendagri Ingatkan Jokowi Segera Mundur

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gamawan Fauzi saat masih menjabat sebagai Mendagri. (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi, mengingatkan agar Joko Widodo alias Jokowi mundur dari jabatannya setelah putusan MK tentang sengketa Pilpres 2014 keluar. Permintaan agar Jokowi mundur disampaikan Mendagri terkait jabatan Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta. (Baca: Jokowi Segera Mengundurkan Diri)
Pengunduran diri tersebut harus dilakukan  sebelum pelantikan presiden pada 20 Oktober 2014. Gamawan Fauzi mengatakan undang-undang mengatur bahwa setiap pejabat tidak boleh merangkap jabatan strategis, agar tidak terjadi kekacauan dalam pemerintahan.

“Sejak Mahkamah Konstitusi [MK] menetapkan putusan kemarin, Jokowi sebetulnya sudah bisa mengajukan surat pengunduran diri. Surat tersebut diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta,” paparnya di Kementerian Polhukam, Jumat (22/8/2014).

Dia menambahkan apabila proses pengunduruan diri tersebut sudah disetujui DPRD DKI Jakarta, setelah itu hasilnya akan diserahkan pada Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Nanti pengajuan pengunduran dirinya akan dibahas dan ditetapkan dalam sidang paripurna DPRD DKI yang baru. Semoga prosesnya lancar,” kata Gamawan.

Advertisement

Diberitakan sebelumnya, presiden terpilih Jokowi sedang mempersiapkan pengunduran dirinya dari jabatan Gubernur DKI Jakarta setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menolak semua gugatan yang diajukan oleh tim Prabowo-Hatta.

Jokowi mengatakan surat pengunduran dirinya akan diajukan ke Dewan Perwaklian Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta pekan depan. ”Lagi dibuat dulu surat pengunduran diri. Kita masih menunggu waktu yang baik, bisa Senin, Selasa, Rabu, Kamis, atau Ju’mat pekan depan,” ucapnya di Balai Kota Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif