Jogja
Jumat, 22 Agustus 2014 - 00:40 WIB

Dishubkominfo Sisir Jalur Truk Angkutan Barang yang Hindari Jembatan Timbang

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi angkutan barang (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, BANTUL- Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan razia gabungan bersama Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah DIY di jalur yang biasa dilalui truk muatan barang, untuk menghindari jembaatan timbang.

Hasilnya, tim tersebut berhasil menjaring puluhan truk maupun angkutan barang dengan muatan berlebih.

Advertisement

“Kami mendapati banyak pelanggaran terutama angkutan barang di ruas jalan Prambanan-Piyungan, jalur tersebut memang dipilih pengemudi untuk menghindari jembatan timbang,” kata Kepala Kantor Pengendalian Lalu Lintas Angkutan Jalan (KPLLAJ) Dishubkominfo DIY, Sumariyoto disela razia, Rabu (20/8/2014).

Menurut dia, saat terjaring razia pengemudi truk tersebut kedapatan membawa muatan misalnya pasir hingga beratnya dua kali lipat dari jumlah kapasitas, yakni sekitar 14 ton padahal kapasitas angkutnya hanya seberat 7,5 ton.

Kondisi demikian, lanjut dia tidak boleh dibiarkan, karena kendaraan angkutan barang dengan muatan berlebih akan menimbulkan kerusakan jalan yang dilalui, sehingga mereka kemudian ditindak dengan pemberian sanksi.

Advertisement

“Selain kelebihan muatan, pelanggaran lain yang ditemukan petugas yakni kesalahan tata cara pemuatan, ini juga berbahaya,” kata Sumariyoto.

Ia mengatakan, razia gabungan yang juga dilakukan bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul dan Jasa Raharja tersebut memang rutin digelar bersama pihak terkait selama tiga kali dalam sebulan sebagai upaya pengendalian lalu lintas di wilayah hukum setempat.

“Namun pada Agustus ini akan digelar enam kali pemeriksaan karena pada Juli ditiadakan karena bertepatan dengan bulan Ramadhan. Ini sudah yang ke-lima, nanti akan kami lakukan pemeriksaan terakhir di bulan Agustus,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif