News
Kamis, 21 Agustus 2014 - 09:35 WIB

HASIL SIDANG MK : Jelang Putusan MK, Jl. Medan Merdeka Barat Sudah Ditutup

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aksi Pendukung Prabowo, Rabu (20/8/2014). (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, mulai ditutup pada Kamis (21/8/2014) pagi. Seperti dalam pemberitahuan sebelumnya, lalu lintas di jalan menuju Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) ini dialihkan menjelang pembacaan putusan MK soal perkara sengketa Pilpres 2014.

Dilaporkan Antara, gulungan kawat besi, beberapa kendaraan barakuda, kanon air, dan sekitar seratusan polisi anti huru-hara sudah menutup ujung Jl. Medan Merdeka Barat di depan Gedung Indosat dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Advertisement

Kendaraan bermotor yang jalan dari arah JL. MH Thamrin dan akan melewati jalan tersebut dibelokkan menuju JL. Budi Kemuliaan atau Jl. Medan Merdeka Selatan.

Akibat penutupan jalan tersebut, kemacetan lalu lintas terjadi di Jl. Budi Kemuliaan di samping Gedung Bank Indonesia menuju Jl. Abdul Muis. Jalan yang tidak terlalu lebar itu dilalui ratusan mobil, sepeda motor, serta bus kota yang menuju Jl. Medan Merdeka Barat.

Di pertigaan Jl. Budi Kemuliaan dan Jalan Abdul Musi, tepatnya di depan Rumah Sakit Budi Kemuliaan, lalu lintas kendaraan juga macet karena banyak kendaraan yang melalui dua jalan tersebut.

Advertisement

Sejumlah mikrolet jurusan Tanah Abang-Kota yang mangkal dan berhenti seenaknya di sepanjang Jl. Abdul Muis ikut menambah parah kemacetan di jalan tersebut. Belum lagi ada bus-bus karyawan milik kementerian yang akan masuk dari arah belakang gedung kementerian.

Meski macet, kendaraan yang melintasi Jl. Abdul Muis dan Jl. Budi Kemuliaan tidak sampai berhenti total karena polisi lalu lintas sigap mengatur arus lalu lintas kendaraan. Sejumlah pegawai yang kantornya berada di Jl. Medan Merdeka Barat banyak yang memilih jalan kaki menuju kantor dari ujung selatan jalan protokol tersebut dari pada harus memutar menggunakan kendaraan melalui Jl. Abdul Muis.

Sementara itu, di Jl. Medan Merdeka Timur, kemacetan lalu lintas belum terlalu parah. Puluhan polisi lalu lintas mengatur arus lalu lintas karena jalan menuju Jl. Medan Merdeka Utara ditutup sehingga pengendara harus beralih jalan menuju Jl. Perwira di sekitar Lapangan Banteng dan Masjid Istiqlal.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif