Jateng
Kamis, 21 Agustus 2014 - 17:55 WIB

GUNUNG SLAMET SIAGA : Warga di Lereng Slamet Bakal Ikuti Simulasi Erupsi

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gunung Slamet (Dok/JIBI/Antara)

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO—Komando Distrik Militer (Kodim) 0701/Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan kegiatan simulasi guna mengantisipasi terjadinya bencana erupsi Gunung Slamet.

“Simulasi tinggal menunggu kepastian instruksi dari BNPB [Badan Nasional Penanggulangan Bencana],” kata Komandan Kodim 0701/Banyumas Letnan Kolonel Infanteri Asep Apandi seperti dikutip Antara, Kamis (21/8/2014).

Advertisement

Menurut dia, simulasi tersebut akan melibatkan lima kabupaten di sekitar Gunung Slamet, yakni Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal dan Brebes.

Kendati demikian, dia mengaku belum mengetahui secara pasti lokasi simulasi terpadu tersebut karena masih menunggu kepastian dari BNPB.

“Skenario dan personel sudah disiapkan, tinggal menunggu kepastian dari BNPB, di sini [Banyumas] atau kemungkinan di Purbalingga karena saat paparan di hadapan Panglima TNI beberapa waktu lalu, itu kan dilakukan di Purbalingga, sehingga di sini juga sudah saya siapkan,” katanya.

Advertisement

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga Priyo Satmoko mengaku belum menerima informasi mengenai rencana simulasi terpadu yang akan digelar di kabupaten tersebut.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa pihaknya telah merencanakan kegiatan simulasi bencana erupsi Gunung Slamet yang akan dilaksanakan di Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, 13 September 2014.

“Kami juga secara terus-menerus menyosialisasikan status ‘Siaga’ Gunung Slamet itu kepada masyarakat di wilayah rawan terdampak bencana erupsi,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif