Sport
Rabu, 20 Agustus 2014 - 01:25 WIB

MOTOGP 2014 : Jajal Motor Baru, Marquez Tampil Impresif

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BRNO— Pembalap Honda, Marc Marquez, segera melupakan mimpi buruknya lantaran kalah untuk kali pertama di MotoGP musim ini. Pasalnya, rekor kemenangan 10 seri beruntun yang sukses diraihnya, berakhir di GP Republik Cheska, di Sirkuit Brno, Minggu (17/8/2014). Akan tetapi, Marc langsung bangkit dengan mencatatkan waktu tercepat di sesi post test yang digelar di sirkuit yang sama, Senin (18/8) waktu setempat.

Dalam post test ini para rider MotoGP berkesempatan menjajal kuda besi baru mereka yang akan digunakan untuk musim 2015 mendatang. Termasuk Marc yang memperlihatkan penampakan motor teranyar timnya dan membukukan waktu paling impresif, yakni 1 menit 55,411 detik.

Advertisement

“Kami berhasil menghapus keraguan atas apa yang terjadi dalam balapan akhir pekan lalu. Banyak faktor yang mempengaruhi kejadian itu padahal kami sangat cepat dan membalap dengan set-up motor yang sama pada balapan sebelumnya,” terang juara dunia 2013 tersebut, dilansir crash.net, Selasa (19/8) WIB.

Menurutnya, kuda besi baru yang ditungganginya jelas berbeda dengan yang ia gunakan di musim ini. Selain memiliki setting yang berbeda, motor pabrikan Honda terbaru itu juga dinilai lebih nyaman.
Sementara rekannya, Dani Pedrosa menilai ada hal positif dan negatif dari motor barunya tersebut. Meskipun demikian, motor ini masih bisa dikembangkan dan hasil perbaikannya bisa dilihat di post test berikutnya di Valencia, Spanyol.

Sementara itu, duo pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi juga ikut menjajal motor YZR-M1 baru di Brno. Kedua pembalap yang sukses naik podium akhir pekan lalu tersebut mencoba prototype motor 2015 yang juga menggunakan mesin baru.

Advertisement

“Motor ini lebih baik dalam beberapa bagian. Sasisnya lebih stabil. Prototype pertama ini memiliki mesin lebih kecil, tetapi lebih baik. Kami memiliki kemajuan dalam pengereman. Akan tetapi, ada bagian yang masih terdapat kekurangan,” ungkap Lorenzo.

Sedangkan Direktur Tim Yamaha, Massimo Meregalli, mengungkapkan hasil tes ini sebagai bahan evaluasi untuk motor baru. Menurut Massimo, secara keseluruhan hasilnya positif. Timnya mempergunakan kesempatan ini untuk mendapatkan data yang dibutuhkan sehingga bisa memperbaiki kekurangan.

“Kami akan beristirahat setelah menjalani dua seri yang sangat melelahkan. Setelah ini kami akan bertarung habis-habisan lagi di GP Inggris,” jelasnya. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Advertisement

Marc Marquez saat menggeber sepeda motor balapnya. Ist/Dokumentasi

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif