Jateng
Rabu, 20 Agustus 2014 - 04:50 WIB

KERETA API : KA Menoreh 2 Kini Dilengkapi Gerbong Khusus Difabel

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Kanalsemarang.com, SEMARANG—PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IV Semarang menyediakan  gerbong khusus untuk penyandang difabel pada KA Manoreh 2.

Kepala KAI Daop 4 Semarang, Wawan Ariyanto mengatakan nantinya semua kereta api (KA) akan disediakan gerbong khusus penyandang difabel.

Advertisement

“Untuk sementara gerbong khusus difabel hanya ada di KA Manoreh 2 yang baru diluncurkan,” katanya kepada wartawan seusai peluncuran KA Manoreh 2 di Stasiun Tawang, Kota Semarang, Selasa (19/8/2014).

Gerbong khusus penyandang cacat atau difabel berkapasitas 64 orang tersebut terletak di gerbong bagian depan, dengan ruang yang lebih longgar. “Gerbong bagi penyadang difabel dibuat longgar supaya mereka nyaman,” imbuhnya.

Wawan lebih lanjut menyatakan KA Manoreh 2 merupakan peremajaan dari KA Fajar Utama kelas bisnis yang telah berusia 32 tahun labih.

Advertisement

Secara bertahap, ujar dia, KAI akan melakukan peremajaan atau pergantian kereta-kereta yang sudah tua, berusia di atas 32 tahun.

“Program peremajaan kereta ini sebagai bentuk keseriusan KAI dalam meningkatan pelayanan kepada pelanggan pengguna jasa KA,” ungkapnya.

KA Manoreh 2 setiap hari berangkat dari Stasiun Tawang pada pukul 08.00 WIB dan tiba di Stasiun Senen Jakarta pukul 14.14. “Tarif menggunakan batas atas dan batas bawah dengan harga tiket antara Rp110.000-Rp270.000 per orang,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif