Jogja
Rabu, 20 Agustus 2014 - 15:20 WIB

DPRD KULONPROGO : Fraksi Sudah Terbentuk, Ini Rinciannya

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Banyak kursi kosong dalam pelaksanaan rapat Banggar di DPRD yang membahas RAPBD-Perubahan 2014, Rabu (16/7/2014). Hanya tiga orang anggota Banggar (duduk di kuri belakang) dan dua orang pimpinan Banggar (depan) yang terlihat dalam forum resmi itu. (JIBI/Solopos/Tri Rahayu)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Fraksi Bersatu resmi menjadi fraksi ketujuh yang akan duduk di kursi DPRD Kulonprogo. Fraksi tersebut merupakan koalisi dari Partai Demokrat yang memperoleh dua kursi, Partai Hanura dengan satu kursi, dan Partai Nasdem mendapat satu kursi.

Sementara, PPP yang memperoleh satu kursi memilih untuk bergabung dengan Fraksi Amanat Nasional (FAN). Enam fraksi lainnya terdiri dari enam partai yang memanfaatkan peluang untuk membentuk fraksi sendiri karena memperoleh kursi lebih dari empat, yakni Fraksi PDIP, FAN, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB), dan Fraksi PKS.

Advertisement

Ketua Sementara DPRD Kulonprogo Akhid Nuryati menuturkan masing-masing partai politik (parpol) sudah menyerahkan nama fraksi beserta ketua fraksi dan akan diumumkan dalam rapat paripurna dengan agenda pengumuman nama fraksi yang digelar Rabu (20/8/2014).

“Parpol yang terakhir menyerahkan nama fraksinya adalah PKS, tetapi tidak masalah karena berarti semua sudah lengkap,” ujarnya, Selasa (19/8/2014).

Disebutkannya, tujuh fraksi yang terbentuk juga sudah memiliki nama ketua masing-masing, antara lain, Aji Pangaribawa sebagai ketua FPDIP, Sihabudin sebagai ketua FKB, Widiyanto sebagai ketua Fraksi Partai Golkar, Muridna sebagai ketua Fraksi Ferindra, Sarkowi sebagai ketua FAN, Muhyadi sebagai ketua Fraksi PKS, dan Sugiyanto yang berasal dari Partai Demokrat sebagai ketua Fraksi Bersatu.

Advertisement

“Setelah fraksi terbentuk dan diumumkan baru kami akan menentukan langkah selanjutnya,” imbuh Akhid.

Ketua DPD PKS Kulonprogo Hamam Cahyadi membenarkan sudah mengirimkan surat kepada DPRD Kulonprogo terkait nama fraksi dan pengurusnya.

“Tidak ada perubahan dari hasil rapat internal yang sudah kami gelar,” tegasnya. Fraksi PKS mengajukan Muhyadi sebagai ketua fraksi, Ajrudin Akbar sebagai wakil ketua fraksi, dan Suharmanto sebagai sekretaris fraksi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif