Jogja
Selasa, 19 Agustus 2014 - 23:20 WIB

Perpustakaan Desa Sidodadi Maju Lomba Nasional

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim Penilai Lomba Perpustakaan Desa dari Perpustakaan Nasional RI dan Wakil Bupati Kulonprogo meninjau ruangan Perpustakaan Desa Sidodadi, Desa Hargomulyo, Kokap, Selasa (19/8/2014). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, KOKAP – Perpustakaan Desa Sidodadi di Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap maju perlombaan perpustaakan desa tingkat nasional, Selasa (19/8/2014).

Selain melengkapi koleksi buku yang ada, perpustakaan ini juga mengunggulkan fasilitas teknologi informasi berbasis internet untuk dapat mewakili DIY di perlombaan ini.

Advertisement

Ketua Tim Penilai Lomba Perpustakaan Desa dari Perpustakaan Nasional RI Sudirwan Hamid mengatakan secara keseluruhan perpustakaan ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Tidak hanya dari koleksi buku, tetapi juga sarana prasarana hingga fasilitas penunjang usaha agar perpustakaan ini dapat terus berkembang.

“Kami sudah berkunjung di beberapa provinsi, koleksi serta fasilitasnya tidak selengkap di sini. Bahkan koleksi bukunya juga tersedia buku dengan hurus Braille,” ujar Sudirwan, di sela peninjauan Perpustakaan Desa Sidodadi.

Sudirwan menambahkan ada banyak kriteria penilaian terhadap perpustakaan desa ini. Antara lain dari segi keberadaan ruang, gedung, koleksi, petugas dan fasilitas pendukungnya.

Advertisement

Namun, penilaian terpenting adalah sejauh mana pemerintah daerah turut berperan serta dalam mengembangkan perpustakaan desa di daerahnya. Selain itu, seberapa besar kesadaran masyarakat telah memanfaatkan perpustakaan ini juga menjadi poin utama dalam penilaian ini.

“Lalu bagaimana upaya dan usaha yang dilakukan pengelola serta masyarakat dalam meningkatkan tambahan hasil usaha mereka agar dapat memperbarui koleksi dan lain sebagainya. Ternyata kami lihat disini juga ada kursus membatik, usaha makanan kecil, di mana hasilnya juga untuk pengembangan perpustakaan ini,” jelas Sudirwan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif