News
Jumat, 15 Agustus 2014 - 19:30 WIB

PIDATO KENEGARAAN SBY : Lagi, Jokowi Kawal SBY-Boediono Pulang

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo (ilustrasi/JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi, kembali mengawal Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden (Wapres) Boediono pulang meninggalkan kompeks Gedung DPR/MPR seusai setelah pidato kenegaraan sesi kedua (baca: Sinyal Demokrat ke Jokowi?).

Seusai pidato kenegaraan sesi pertama, Jokowi melakukan hal yang sama. Ia keluar dari Gedung Nusantara lebih dulu kemudian berdiri tepat di samping mobil dinas Presiden.

Advertisement

Ketika Presiden SBY mendekati mobil dinas, Jokowi memberikan hormat dan sedikit terjadi perbincangan keduanya. “Selamat Sore,” kata SBY kemudian dijawab Jokowi dengan kalimat yang sama.

Sikap yang sama juga ditunjukkan Jokowi kepada Wapres Boediono. Setelah Presiden dan Wapres meninggalkan lokasi, Jokowi ikut beranjak menuju kendaraan dinasnya yang berada sekitar 10 meter dari lokasi itu.

“Di sana saja, mobilnya di sana,” kata Jokowi saat diminta untuk wawancara doorstop oleh wartawan.

Advertisement

Sebelumnya, seusai pidato kenegaraan SBY, Jumat (15/8/2014) pagi, Jokowi juga menunjukkan hal serupa. Ketika Paspampres sedang berjaga menyambut SBY keluar dari gedung, ternyata Jokowi yang keluar lebih dulu. Dia berjalan melewati lobi VIP dan menuju tempat menunggu mobil.

Ketika SBY keluar disambut dengan tabuhan genderang drum band, posisi Jokowi tidak berubah, dekat dengan mobil dinas presiden. Bahkan setelah SBY pergi, Jokowi tetap di situ.

Selanjutnya Jokowi mempersilakan Wakil Presiden Boediono untuk memasuki mobil dinas untuk meninggalkan komplek DPR/MPR. Dan terakhir Wapres terpilih Jusuf Kalla pun dipersilakan pulang lebih dulu oleh Jokowi.

Advertisement

Gubernur DKI Jakarta tersebut tidak mengatakan alasannya kenapa keluar mendahului SBY. “Saya ingin menyalami teman-teman saya,” kata Jokowi disela-sela bersalaman dengan anggota DPR.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif