News
Jumat, 15 Agustus 2014 - 05:11 WIB

ISIS DI INDONESIA : Polri Awasi WNI yang Pulang atau Menuju Irak dan Suriah

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Abu Bakar Baasyir bersama 13 Pendukung ISIS (Twitter)

Solopos.com, JAKARTA — Polri berkoordinasi dengan Dirjen Imigrasi untuk menyeleksi warga negara Indonesia (WNI) yang menuju ke Irak dan Suriah ataupun yang kembali ke Tanah Air selepas dari kedua negara tersebut. Seperti diketahui, Polri telah mendeteksi WNI yang terlibat dalam gerakan ISIS di Irak dan Suriah, termasuk aksi bom bunuh diri.

Kapolri Jenderal Pol. Sutarman mengatakan pihaknya berpesan kepada pihak imigrasi agar menyeleksi ketat orang-orang yang keluar masuk Suriah dan Irak.

Advertisement

“Kewenangan pencekalan itu ada di Keimigrasian. Kami sudah koordinasi dengan Dirjen dan Menteri untuk menyeleksi orang-orang Indonesia yg pergi ke Irak dan Suriah,” katanya, Kamis (14/8/2014).

Pasalnya, jika seleksi tidak dilakukan secara ketat, Sutarman kuatir jika paham Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) seperti bom bunuh diri diterapkan di Indonesia. “Ini bahaya bagi Indonesia, kalau dari Suriah kembali ke Indonesia kemudian melakukan cara-cara kekerasan di Suriah dan Irak di Indonesia,” jelas Sutarman.

Sebelumnya, Sutarman mengatakan Polri sudah mempunyai peta tentang individu atau kelompok yang diduga berafiliasi dengan jaringan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Menurut Sutarman, kepolisian mempunyai catatan bahwa ada 56 orang WNI yang pergi ke Suriah, dan empat di antaranya meninggal dunia (baca: 4 WNI Meninggal Dunia di Suriah-Irak).

Advertisement

“Ada empat orang warga Indonesia yang meninggal di sana [Suriah], di daerah konflik. Ada yang meninggal karena bom bunuh diri,” ujarnya di Jakarta, Kamis (14/8/2014), seperti dikutip Antara.

Sementara itu, beredar nama Wildan Mukhollad, seorang pemuda asal Lamongan yang diyakini masuk dalam gerakan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Pada 14 Februari 2014 lalu, mahasiswa Universitas Al Azhar tersebut diketahui tewas akibat aksi bunuh diri yang dilakukannya di Irak (baca: Inilah Wildan Mukhollad, Pemuda Cerdas Asal Lamongan yang Tewas di Irak).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif