Lifestyle
Kamis, 14 Agustus 2014 - 02:40 WIB

WABAH PENYAKIT: Ini Saran Biar Terhindar dari Ebola

Redaksi Solopos.com  /  Laila Rochmatin  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penanganan virus Ebola (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, JOGJA – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, Prof Tjandra Yoga Aditama, memberikan sejumlah saran bagi warga negara Indonesia yang terpaksa harus bepergian atau memang tinggal di negara-negara yang sedang terjangkit ebola, seperti Liberia, Sierra Leone, Guinea, Nigeria dan sekitarnya.

 

Advertisement

Berikut saran-saran yang disampaikan Tjandra agar terhindar dari Ebola:

 

Advertisement

 

1. Lebih sering cuci tangan pakai sabun (CTPS). Tindakan ini sangat penting karena virus ebola menular melalui kontak dengan cairan tubuh pasien. Walaupun sudah hati-hati, tapi tetap ada kemungkinan tangan kita tercemar sehingga penularan mungkin tetap ada. Karena itu, rajin cuci tangan pakai sabun sangat dianjurkan.

 

Advertisement

 

3. Sedapat mungkin menghindari proses pemakaman pasien ebola, khususnya yang ada ritual mencium jenazah, kontak langsung dengan jenazah dan lain-lain.

 

Advertisement

4. Jangan kontak dengan hewan yang mungkin menularkan ebola, dan membatasi ke hutan-hutan di negara terjangkit.

 

5. Kalau sudah berada di negara terjangkit, maka batasi perjalanan domestik, jangan bepergian antar kota di negara itu kalau tidak perlu.

Advertisement

 

6. Selalu ikuti perkembangan informasi tentang ebola di situs terpercaya, seperti WHO, Kemenkes RI dan lain-lain.

 

7. Jika ada keluhan ketika sedang berkunjung di negara terjangkit, segera melapor ke petugas kesehatan di negara itu.

 

Menurut data per 9 Agustus 2014, terdapat 1.848 kasus ebola di empat negara Afrika, sebanyak 1.013 di antaranya meninggal.

 

Bagi negara-negara yang bukan termasuk negara terjangkit, juga bukan negara yang berbatasan langsung dengan episenter ebola, seperti Indonesia, maka WHO menganjurkan agar tidak melakukan pelarangan total perjalanan dan perdagangan ke negara terjangkit.

 

Bagi warga negara yang karena hal tertentu harus bepergian ke negara berisiko, maka WHO menganjurkan agar harus diberi penjelasan yang lengkap dan menyeluruh tentang penyakit ebola dan pencegahannya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif