Lifestyle
Kamis, 14 Agustus 2014 - 10:45 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Setop Makan di Meja Kerja!

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (redbrick.me)

Solopos.com, SOLO – Pekerjaan yang belum terselesaikan membuat banyak pekerja terpaksa makan di meja kerja sambil menyelesaikan pekerjaannya. Tapi fakta menunjukkan kebiasaan tersebut ternyata tak baik untuk kesehatan.

Healthmeup, Selasa (12/8/2014), melansir beberapa alasan mengapa Anda harus meninggalkan kebiasaan makan di meja kerja:

Advertisement

Meja Kerja Tak Higienis
Para peneliti menyatakan meja kerja mengandung lebih banyak bakteri hingga 400 kali lebih banyak dibandingkan toilet duduk. Pikirkan tentang hal ini, berapa kali Anda benar-benar membersihkan meja atau keyboard Anda dengan larutan pembersih? Ketika Anda makan di meja kerja, Anda tidak hanya menambah kuman, tetapi juga makan bersama dengan kuman-kuman yang berbahaya bagi kesehatan.

Buruk untuk Pencernaan Anda
Ketika Anda makan di meja kerja, secara otomatis Anda akan berkonsentrasi pada pekerjaan Anda dari makanan yang Anda konsumsi. Makan di meja kerja akan menyebabkan suplai darah ke sistem pencernaan otak dan jantung justru akan berbelok. Saat makan, Anda harus dalam keadaan bersantai sehingga tidak akan menganggu kesehatan internal pencernaan Anda.

Memengaruhi Postur Tubuh
Duduk selama berjam-jam di meja Anda akan menyebabkan sakit pada bahu, punggung, leher, dan kaki. Mengambil waktu istirahat makan siang memberi Anda alasan untuk menjauh dari meja kerja untuk sementara waktu. Hal ini membantu darah beredar lebih baik, sehingga memberikan lebih banyak energi dan oksigen ke jaringan dan organ tubuh.

Advertisement

Makan Terlalu Banyak
Ketika Anda makan di meja kerja, Anda mengalihkan konsentrasi makanan untuk menyelesaikan pekerjaan. Kadang-kadang Anda sangat memperhatikan pekerjaan yang ada di hadapan Anda, sehingga tidak menyadari ketika Anda selesai makanan Anda. Kurangnya perhatian menyebabkan makan tanpa berpikir sehingga menyebabkan makan berlebihan.

Memengaruhi Produktivitas
Ketika Anda memutuskan untuk keluar dari meja kerja sewaktu makan siang, hal itu akan memberikan waktu bagi otak Anda untuk beristirahat. Cara ini dapat membantu menyegarkan otak dan mengurangi kelelahan. Membiarkan tubuh Anda untuk bergerak juga meningkatkan suplai oksigen ke tubuh dan otak. Ini akan membantu Anda tetap waspada dan aktif, sehingga meningkatkan produktivitas.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif