Soloraya
Selasa, 12 Agustus 2014 - 17:30 WIB

PEMKAB SRAGEN : Dana DAK Untuk Renovasi 3 Kantor Kecamatan

Redaksi Solopos.com  /  Hijriyah Al Wakhidah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SRAGEN—Sebanyak tiga kantor kecamatan di Bumi Sukowati bakal direnovasi. Dana renovasi dialokasikan melalui APBN.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Sragen, Untung Sugihartono, menjelaskan ketiga kecamatan yang direnovasi yakni Masaran, Sidoharjo serta Sragen. “Sumber dana berasal dari dana alokasi khusus. Dana sudah masuk ke kas daerah,” urai dia, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (12/8/2014).

Advertisement

Disampaikannya, masing-masing kecamatan mendapat dana sekitar Rp2,2 miliar. “Untuk prosesnya sejauh mana itu berada di Dinas Pekerjaan Umum (DPU),” katanya.

Camat Sidoharjo, Tri Saksono, membenarkan Kantor Kecamatan Sidoharjo direnovasi tahun ini. Dia menjelaskan proses renovasi sudah berjalan.

“Saat ini sudah berjalan, untuk mulainya setelah Lebaran itu langsung dilaksanakan. Ini sudah mulai mendirikan kantor serta pembangunan pagar,” ungkapnya.

Advertisement

Disampikannya, lokasi kantor kecamatan yang direnovasi tetap berada di Pungkruk, tepi jalan raya Solo-Sragen. Sebelumnya, ada wacana pemindahan kantor kecamatan tersebut ke wilayah Taraman yang dinilai berada di tengah Kecamatan Sidoharjo.

Namun, lantaran persoalan ganti rugi, wacana tersebut batal terealisasikan. “Karena dari desa minta ganti rugi yang nilainya pemkab tidak sanggup. Akhirnya kantor kecamatan tetap di lokasi semula,” ujarnya.

Terkait angka pasti anggaran yang untuk renovasi, pihaknya tak mengetahui persis lantaran penanganan berada di DPU. “Untuk selesainya, ya sesuai tahun anggaran,” jelasnya.

Advertisement

Disinggung proses pelayanan, dia menjelaskan sejumlah unit yang ada di kantor tersebut untuk sementara dipindah. Hanya saja, pihaknya memastikan untuk pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) tetap dilayani di kantor kecamatan.

“Untuk kantor PNPM dan KB dipindah di rumah warga yang ada di belakang kantor kecamatan. Sementara, Adminduk tetap dilayani di kantor karena lokasinya terpisah dengan beberapa kantor yang dipindah,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif