Jogja
Senin, 11 Agustus 2014 - 14:40 WIB

HUT Kemerdekaan, Warga RT 01 Kepek Diwajibkan Punya Kentongan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga membuat kentungan (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Berbagai cara dilakukan warga menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI Ke-69. Warga RT 01 Dusun Kepek 1, Desa Kepek, Wonosari mewajibkan setiap rumah membuat alat tradisional kentongan yang sudah terlihat mulai punah.

Ketua RT 01 Dusun Kepek 1 Desa Kepek Eko Mambang Nugraha mengatakan kewajiban satu kentongan satu rumah menjadi komitmen warga untuk menggugah kembali sentuhan nilai-nilai tradisi budaya lokal yang sudah lama menghilang.

Advertisement

“Kentongan ini tidak hanya sebagai komitmen membangkitkan kembali semangat lokal tetapi juga ingin memanfaatkan kembali kentongan menjadi alat komunikasi dan kewaspadaan di tengah masyarakat,” ujar Eko ditemui disela gotong royong  RT pembuatan puluhan kentongan, Minggu (10/8/2014).

Berbarengan akan dicanangkan satu kentongan satu rumah pada malam tirakatan nanti, warga RT 01 ini tengah mempersiapkan peserta lomba pentas seni tradisi “thek-thek” 6 September nanti dalam rangka bersih desa rasulan desa puncaknya 20 September.

Suprapto ketua seni tradisional thek-thek RT 01 Dusun Kepek menyatakan dimulainya persiapan mengikuti lomba akan diikuti belasan perwakilan RT.  Persiapan membutuhkan waktu sebulan penuh dimulai dari aransemen, gerak dan alur cerita yang akan dikemas untuk tingkat desan nanti.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif