Teknologi
Minggu, 10 Agustus 2014 - 11:31 WIB

FENOMENA SUPERMOON : Purnama Sempurna Terbesar, Jangan Lewatkan Minggu 10 Agustus Ini!

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Masyarakat menikmati wahana bermain di Luna Park Swing sambil menikmati supermoon di Coney Island, New York, Amerika Serikat (JIBI/SOLOPOS/Reuters/Carlo Allegri)

Solopos.com, SOLO–Fenomena Supermoon atau purnama sempurna atau bulan penuh–bulan dalam posisi terdekat dengan bumi akan terjadi Minggu (10/8/2014) malam nanti. Situs Earth Sky merilis supermoon akan hadir lima kali selama 2014. Salah satunya pada Minggu (10/8/2014) ini.

Surat kabar The Telegraph melaporkan akan terjadi Supermoon,berbeda dengan penampakan Supermoon pada bulan Januari, Juli dan September, kali ini bulan yang muncul dikabarkan adalah yang terbesar sejak 20 tahun terakhir.

Advertisement

Selain Supermoon, akan ada penampakan di langit pada malam hari, yakni hujan meteor Perseid. Sebanyak 100 meteor dipastikan akan melintas di pekan kedua Agustus.

Akibat pancaran sinar rembulan yang cukup menyilaukan, para astronom menyatakan fenomena hujan meteor akan sulit diihat secara kasat mata.

“Silau bulan membuat pandangan kita samar dan kurang tajam saat melihat hujan meteor,” ujar salah satu astronom dari Kantor Lingkungan Hidup dan Meteor NASA, Dr Bill Coke.

Advertisement

Supermoon atau bulan super merupakan istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi. Para ahli astronom sebelumnya belum mengetahui istilah supermoon.

Jadwal Supermoon
Sebagaimana ditulis di situs laman stronomi Earth Sky, para astronom ereka menyebut bulan super dengan sebutan bulan purnama perigee. Namun seorang astrolog bernama Richard Nolle menyebut hal ini dengan istilah Supermoon hingga akhirnya menjadi sebuah nama yang lebih fenomenal.

Para astronom mulai akrab dengan nama supermoon pada tahun 2011, kala itu beberapa media massa menggunakan istilah supermoon untuk menggambarkan bulan purnama yang terjadi pada tanggal 19 Maret 2011. Pada tanggal itulah bulan berjarak paling dekat dengan bumi dan merupakan bulan purnama terbesar di tahun 2011.

Advertisement

Secara spesifik, supermoon merupakan bulan baru yang berjarak lebih lebih pada jarak 90% lebih dekat dengan bumi. Ketika fenomena ini terjadi, penampakan bulan akan cenderung lebih besar dan lebih terang dari biasanya, meskipun hanya terjadi perubahan jarak dalam beberapa kilometer.

Di waktu mendatang, fenomena supermoon akan hadir pada tanggal 1 dan 30 Januari, 12 Juli, 10 Agustus, dan 9 September. Sementara untuk penampakan bulan terbesar terjadi pada tanggal 10 Agustus, di mana bulan memang tengah berada di posisi terdekatnya dengan bumi yang hanya berjarak 356.896 km.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif