News
Kamis, 7 Agustus 2014 - 19:05 WIB

ISIS DI INDONESIA : Soloraya Diyakini Jadi Basis ISIS

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah anggota Sapol PP Sukoharjo menghapus gaffiti ISIS di kawasan Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Selasa (5/8/2014). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kawasan Soloraya diyakini sebagai salah satu daerah yang paling rawan terkontaminasi ajaran Iraq Syria of Islamic State (ISIS). Untuk itu, jajaran Kodam IV/Diponegoro merasa perlu memelototi kawasan Soloraya dengan memaksimalkan kinerja Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam menghimpun informasi di tengah masyarakat.

Demikian ditegaskan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Sunindyo, saat ditemui wartawan di Makodim 0272/Karanganyar, Kamis (7/8). Setiap Babinsa yang disebar di seluruh desa dituntut menjadi garda terdepan dalam memberantas pengaruh ISIS.

Advertisement

“Daerah yang patut diwaspadai [gampang terpengaruh ajaran ISIS] adalah Kota Solo. Itu mencakup Soloraya [Solo, Karanganyar, Sragen, Wonogiri, Boyolali, Sukoharjo dan Klaten]. Tapi, sikap kami sudah jelas dan tegas, yaitu meningkatkan kewaspadaan dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tegasnya.

Kendati menjadi kawasan yang patut diwaspadai terhadap berkembangnya pengaruh ISIS, lanjut Sunindyo, pihaknya tak akan melakukan penyisiran untuk memberantas pengaruh ISIS di kawasan Soloraya satu per satu. Sebaliknya, jajaran Kodam IV/Diponegoro diwajibkan melakukan pencegahan dengan memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa paham yang dianut ISIS tidak sesuai dengan NKRI.

“Pemerintah juga sudah jelas melarang ISIS. Kami, sangat mendukung langkah itu. Kewaspadaan masih terus ditingkatkan,” katanya.

Advertisement

Sebelumnnya, jajaran TNI/Polri, tokoh agama dan elemen masyarakat di Karanganyar sepakat menolak kehadiran ISIS di Bumi Intanpari. Acara deklarasi penolakan itu berlangsung di rumah dinas(Rumdin) Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif