Lifestyle
Senin, 4 Agustus 2014 - 05:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Inilah Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bawang merah

Solopos.com, SOLO – Bawang merah menjadi sebuah bumbu wajib bagi berbagai resep masakan di Indonesia. Tak hanya menjadikan masakan menjadi sedap, bawang merah ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dilansir Healthmeup, Minggu (3/8/2014) berikut beberapa manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh Anda:

Advertisement

Mencegah Kanker
Bawang merah mengandung antioksidan yang efektif dalam memerangi radikal bebas. Zat ini juga diyakini dapat mengurangi risiko kanker perut hingga 50 persen.

Menambah Kekebalan Tubuh
Kandungan quercetin dalam bawang merah memberikan efek perlawanan pada bakteri, infeksi karena jamur, dan peradangan. Oleh karena itu, bawang merah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah masalah kesehatan seperti flu.

Mengontrol Gula Darah
Kandungan kromium dan mineral yang ada pada bawang merah dapat mengurangi resistensi insulin, sehingga sangat baik bagi penderita diabetes. Bawang merah juga dapat mengontrol tingkat gula dalam darah.

Advertisement

Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan kromiun dalam bawang merah dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung yang merupakan komplikasi dari penyakit diabetes.

Menurunkan Berat Badan
Jika Anda termasuk sebagai orang yang sulit untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk rutin mengonsumsi bawang merah. Kurangnya kromium dalam tubuh membuat sulit untuk menurunkan berat badan dan berpotensi meningkatkan berat badan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif