News
Sabtu, 2 Agustus 2014 - 13:50 WIB

INFO MUDIK 2014 : Tiket KA Semarang-Jakarta hingga 10 Agustus Habis!

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi situasi Loket Pembelian Tiket di Stasiun Solo Balapan, Kamis (31/7/2014). (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SEMARANG–Tiket kereta api (KA) kelas ekonomi AC, bisnis, dan eksekutif balik Lebaran keberangkatan dari Stasiun Tawang, Kota Semarang tujuan Stasiun Pasar Senin dan Gambir Jakarta telah habis sampai 10 Agustus 2014.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops IV Semarang, Suprapto mengatakan tiket KA dari Stasiun Tawang sudah habis sejak 1 Agustus 2014.
“Jadi sejak 1-10 Agustus 2014 tiket KA kelas ekonomi AC, bisnis, dan eksekutif tujuan Jakarta sudah ludes,” katanya ditemui Espos saat memantau di Stasiun Tawang, Semarang, Jumat (1/8/2014) sore.

Advertisement

Angkutan KA, lanjut dia, pada mudik dan balik Lebaran tahun ini menjadi primadona masyarakat karena kondisi jalan di jalur pantai utara (pantura) Jawa Tengah (Jateng) macet akibat amblesnya jembatan Comal, Pemalang.

Demikian juga dengan jalur selatan Jateng yang macet, sehingga masyarakat yang akan mudik Lebaran memilih angkutan KA yang biayanya terjangkau.
“Dengan kondisi jalur pantura dan selatan Jateng macet, maka angkutan KA dan pesawat udara menjadi pilihan. Namun, sebagian masyarakat memilih KA karena tarifnya lebih murah dibanding pesawat terbang,” ungkap Suprapto.

Dia menambahkan habisnya tiket KA karena kebanyakan pemudik juga telah memesan tiket untuk balik Lebaran sejak jauh hari. “Pemudik telah melakukan antisipasi sehingga membeli tiket untuk berangkat dan pulang,” imbuhnya.

Advertisement

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Tawang, hampir semua tiket KA baik keberangkatan pagi, sore, dan malam telah habis sejak 1-10 Agustus 2014.
Tikat KA yang habis yakni KA Argo Anggrek pagi dan malam. KA Argo Sindoro, KA Fajar Utama, KA Argo Muria, KA Majapahit, KA Menoreh, KA Bangunkarta, KA Sembrani, dan KA Gumarang.

Sedang untuk KA tujuan ke Pasar Turi Surabaya, seperti KA Argo Anggrek pagi dan malam, KA Sembrani, KA Bangunkarta, KA Gumarang, KA Kertajaya, dan KA Harina masih tersedia kursi.

Suprapto menyatakan penjualan tiket KA akan kembali normal setelah 11 Agustus mendatang, “Setelah masa angkutan Lebaran sudah rampung penjualan tiket sudah normal lagi,” katanya.

Advertisement

Selama angkutan Lebaran, imbuh dia, harga tiket KA menggunakan tarif batas bawah dan atas, “Bila penumpang ramai menggunakan tarif batas atas bila sepi batas bawah, sesui hukum ekonomi,” tandasnya.

Sementara, arus balik penumpang melalui Bandara Ahmad Yani Semarang juga menunjukkan kenaikan, pada H+2 Rabu (30/7) tercatat sebanyak 3.741 orang, pada H+3, Kamis (31/7) meningkat menjadi 4.963.

“Puncak arus balik diperkirakan pada Sabtu dan Minggu [2-3/8],” kata petugas posko Bandara Ahmad Yani.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif