Jogja
Sabtu, 2 Agustus 2014 - 06:30 WIB

INFO MUDIK 2014 : Hari ini Puncak Arus Balik dari Bantul

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemudik tiba di tempat kedatangan penumpang Terminal Tirtonadi, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (26/7/2014). Meskipun Sabtu ini merupakan puncak arus mudik Lebaran 2014, namun tidak ada penumpukan antrean bus pemudik. Petugas UPTD Terminal Tirtonadi mengungkapkan selain kondisi terminal yang lebih luas, hal tersebut dikarenakan imbas dari rusaknya Jembatan Comal, Pemalang yang membuat sebagian besar angkutan Lebaran 2014 melintasi jalur selatan Pulau Jawa. (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, BANTUL—Arus balik Lebaran diprediksi akan meningkat, Sabtu (2/8/2014) hari ini menyusul makin bertambahnya volume kendaraan luar daerah yang melintas Bantul sejak Jumat (1/8/2014).

Kepolisian Resor Bantul masih mengoptimalkan pola pengamanan di sepanjang arus balik lalu lintas pemudik Lebaran mulai dari Piyungan-Ketandan-Ringroad Selatan-Jalan Wates dan jalur selatan DIY Srandakan.

Advertisement

“Kami tidak mengubah pola pengamanan arus balik di jalur kendaraan umum pemudik yang akan balik kembali ke sejumlah daerah perantauan. Personel di tiap posko tetap kami pertahankan sampai benar-benar arus Lebaran ini tuntas,” ujar Kapolres Bantul AKBP Surawan di sela-sela koordinasi pengamanan arus balik, Jumat (1/8/2014).

Menurut Kapolres, mulai Jumat hingga Sabtu malam diprediksi menjadi puncak arus balik pemudik ke sejumlah kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya.

Prediksi tersebut mengingat sudah banyak perusahaan di Jakarta dan sekitarnya memberlakukan masuk kerja hari pertama pada Senin (4/8/2014) mendatang.

Advertisement

Padatnya arus balik Lebaran sudah diantisipasi dengan pengalihan jalur agar tidak bertumpuk di jalur Jalan Wates melainkan juga jalur selatan DIY melalui Srandakan-Toyan, Kulonprogo dan menembus Jalur Daendels-Purworejo. Jalur alternatif selatan DIY ini volume arus kendaraan melintas terpantau masih relatif rendah dibanding Jalur Wates.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif