News
Sabtu, 2 Agustus 2014 - 02:43 WIB

INFO MUDIK 2014 : Arus Balik Lebaran di Comal Macet 25 Km

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Situasi jalur jalan pantura ruas Jembatan Comal (Arif Fajar S./JIBI/Solopos)

Solopos.com, PEKALONGAN — Peningkatan volume kendaraan pada arus balik H+4 Lebaran 2014 ini memicu jalur pantai utara (pantura) yang melintasi Jembatan Comal, Jawa Tengah macet parah. Antrean kendaraan dilaporkan mengular hingga diperkirakan mencapai 25 kilometer (km).

Kemacetan itu terjadi lantaran saat ini diberlakukan sistem buka tutup arus lalu lintas dan pengalihan kendaraan ke sejumlah jalur alternatif. Seperti diketahui, Jembatan Comal yang sebelumnya ambles telah bisa dilewati kendaraan pada H-4 Lebaran 2014, namun jalur yang dibuka masih satu arah sehingga menyebabkan penumpukan kendaraan yang hendak melintas di jembatan itu.

Advertisement

Seorang pengemudi kendaraan, Ningsih memaparkan antrean panjang kendaraan terjadi sejak Jumat (1/8/2014) petang atau H+4 Lebaran. Pemudik yang melewati jalur tersebut, katanya, harus menunggu antrean kendaraan dari arah sebaliknya. “Laju kendaraan berhenti total, antrean panjang sekitar 25 km,” paparnya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Jumat malam.

Korlantas Mabes Polri telah mempersiapkan jalur alternatif bagi pengguna kendaraan yang hendak melewati Jembatan Comal. Pengguna jalan roda empat maupun roda dua dari arah Jakarta menuju Semarang dapat melalui pos lantas Ampelgading-Jembatan Kemuning-Polsek Bodeh-Ulujami Pemalang dan berakhir di Pos Polisi Wiradesa.

Adapun pemudik arus balik musim mudik Lebaran 2014 dapat melewati Rembang-Pati-Kudus-Demak-Semarang-Kendal-Weleri-Batang-Pekalongan-Pemalang-Tegal dan Brebes. Bagi pengendara yang hendak melalui Jembatan Comal diharapkan bersabar menunggu antrean, bagi yang ingin melewati jalur alternatif maka petugas kepolisian telah siap memberikan arahan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif